Obama Yakinkan Dunia Aman Dari Nuklir

Nasional / 15 April 2010

Kalangan Sendiri

Obama Yakinkan Dunia Aman Dari Nuklir

Puji Astuti Official Writer
2129

Para pemimpin dunia telah memberikan kepercayaan kepada Presiden Barack Obama untuk mengamankan seluruh materi nuklir yang ada di seluruh penjuru dunia selama empat tahun kedepan agar tidak jatuh ke tangan teroris.

Nuclear Security Summit yang berlangdung selama dua hari ini berfokus pada 47 negara yang harus diwaspadai dari nuklir terorisme.

Dalam pertemuan ini ada dua negara yang tidak diundang yaitu Iran dan Korea Utara yang menjadi perhatian utama dalam masalah nuklir ini.

Negara-negara yang hadir dalam pertemuan ini telah sepakat untuk melakukan kerjasama lebih lagi dengan PBB dan International Atomic Energy Agency. Mereka juga akan berbagi informasi dalam deteksi nuklir dan pencegahan jual beli nuklir secara illegal.

Beberapa negara termasuk Ukraina, Meksiko dan juga Kanada menyatakan niatnya untuk menjaga uranium yang menjadi bahan utama nuklir agar tidak jatuh ke tangan teroris atau geng kriminal.

Dalam pernyataannya pada pidato penutupan konfrensi ini, Obama menyatakan bahwa dia yakin China akan bergabung dengan negara-negara lain dalam malalah nuklir ini dan menekankan akan memberikan sanksi keras pada negara yang membuat senjata nuklir.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami