Tips Mudah Menciptakan Kreativitas

Investment / 14 April 2010

Kalangan Sendiri

Tips Mudah Menciptakan Kreativitas

Budhi Marpaung Official Writer
4382

Kata siapa menjadi seorang kreatif itu sulit. Dengan sedikit usaha dan bimbingan yang tepat maka Anda pasti dapat mewujudkannya. Apalagi Anda saat ini berada dalam dunia bisnis yang menuntut seseorang terus berkreasi dan menciptakan sesuatu yang berbeda. Banyak investor dan pengusaha yang telah melakukannya, sekarang giliran Anda yang melakukannya.

Berikut cara-cara bagaimana agar Anda dapat menciptakan kreativitas:

1.  Mencari Sudut Pandang Lain.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kreativitas adalah dengan mencoba memandang sesuatu dari perspektif lain atau perspektif yang sama sekali baru. Sebagai contoh: ketika Anda melihat sebuah pensil, pikirkan dan tuliskan sebanyak mungkin ide Anda tentang kegunaan pinsil tersebut - selain untuk menulis tentunya. Misal pensil ternyata dapat digunakan sebagai tusuk konde rambut atau sumpit makan. Hal ini dapat pula Anda terapkan di lingkungan bisnis Anda, misalnya carilah alternatif solusi sebanyak-banyaknya terhadap sebuah masalah.

2. Menciptakan Sesuatu.

Salah satu kegiatan yang menuntut tingkat kreativitas tinggi adalah menciptakan karya seni. Oleh karena itu, cobalah menciptakan sesuatu yang termasuk sebuah karya seni. Mulailah dengan membuat barang-barang seni dari benda-benda di sekitar Anda. Tekankan pada prosesnya, bukan hasilnya. Misa, jika Anda gemar musik, cobalah membuat lirik lagu yang belum pernah ada. Atau apabila Anda suka menggambar, buatlah gambar baru yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

3. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya.

Anda tidak akan menjadi kreatif, jika Anda tidak memiliki informasi yang banyak. Sebagai contoh, jika Anda ingin menggambar dengan warna hijau namun cat hijau Anda habis, informasi tentang warna biru dicampur kuning akan menjadi hijau tentu akan sangat bermanfaat. Daripada Anda membeli cat hijau yang belum tentu dapatkan dengan cepat, lebih baik Anda memanfaatkan apa yang ada di sekitar Anda. Praktis, tidak membuat waktu, dan hasil warna yang akan Anda dapatkan tidaklah terlalu beda.

4. Teka-Teki Silang (TTS).

Siapa bilang mengisi taka-teki silang (TTS) tidak berguna? Mengisi TTS itu sangat berguna untuk menajamkan pemikiran dan meningkatkan kreativitas Anda. Karena saat mengisi TTS, Anda diharuskan berpikir keras mencari alternatif kata sebanyak mungkin dan bagaimana kata tersebut sesuai dengan kata yang lain.

5. Disiplin.

Tidak ada kesuksesan tanpa ada kedispilinan diri. Untuk menjadi kreatif bukanlah permasalahan sehari dua hari, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda perlu melatih pikiran agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai alternatif,  misalkan mengisi 1 TTS setiap hari, mencari minimal 3 penyelesaian setiap permasalahan di bidang usaha Anda, atau pikirkan minimal 5 kegunaan lain dari sebuah benda.

Tidak sulit bukan untuk menjadi kreatif? Ikuti saja tips-tips di atas dan lihatlah kesuksesan di dalam investasi dan usaha yang sedang Anda bangun selama ini.

Sumber : tipsanda.com
Halaman :
1

Ikuti Kami