Korsel Kembangkan Buku 3 Dimensi

Nasional / 13 April 2010

Kalangan Sendiri

Korsel Kembangkan Buku 3 Dimensi

Daniel Official Writer
3372

Anda pasti sudah sangat mengenal film-film tiga dimensi (3D) seperti Avatar, Alice in Wonderland dan sebagainya. Bahkan fenomena film 3D telah meningkatkan  popularitas dan nilai komersial sebuah film. Namun pernahkan Anda membayangkan jika teknologi 3D dipakai pada sebuah buku sehingga memungkinkan Anda bisa melihat karakter-karakter yang ada di buku yang Anda baca  bisa bergerak, menggeliat, bahkan melompat, ke arah Anda. Inilah yang sedang dikembangkan oleh para peneliti dari Gwangju Institute of Science and Technology, Korea Selatan.

Menurut Kim Sang-cheol, buku yang berisikan dongeng rakyat Korea itu harus dibaca dengan kacamata khusus sehingga saat pembaca membalik dan menegakkan buku, animasi 3D-nya juga tetap terlihat. Dibutuhkan waktu tiga tahun untuk mengembangkan piranti lunaknya.

Kim mengatakan, teknologi itu dapat digunakan untuk semua jenis buku. Bahkan, katanya, piranti dapat digunakan untuk menampilkan gambar lewat smart phone atau museum. Sayangnya, kita masih harus menunggu cukup lama kehadiran buku 3D itu. Dengan kehadiran buku 3D akan membuat aktifitas membaca akan semakin menyenangkan dan minat baca akan meningkat.

Sumber : liputan6.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami