Hati-hati, Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk!

Hati-hati, Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk!

Puji Astuti Official Writer
3208

Apa hubungannya kurang tidur dan kegemukan pada seseorang ya? Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki kecenderungan makan lebih banyak.

Berdasarkan penelitian yang dirilis American Journal of Clinical Nutrition, pada beberapa dekade terakhir ini, salah satu penyebab utama obesitas adalah karena banyak orang tidurnya tidak cukup.

Dr. Laurent Brondel dan koleganya dari European Center for Taste Sciences di Dijon, Perancis melakukan penelitian terhadap 12 pria muda yang sehat selama 48 jam.

Dalam waktu 2 hari, para partisipan tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa, namun dicatat waktu tidurnya. Sebagaian pria tidur pada tengah malam dan bangun jam 8 pagi, sedangkan yang lainnya tidur jam 2 pagi dan bangun jam 6 pagi, dan mereka semua di ijinkan makan sebanyak mereka mau.

Hasilnya, setelah tidur yang sangat singkat, mereka yang bangun jam 6 pagi makan 22 persen lebih banyak dari pada mereka yang tidur cukup. Mereka makan lebih banyak pada waktu sarapan dan makan malam, bukan di waktu makan siang.

Dari penemuan ini jelas bahwa untuk hidup sehat Anda perlu tidur yang cukup, karena hal tersebut sangat mempengaruhi tubuh Anda. Tidur bukanlah membuang-buang waktu, karena tubuh memerlukan istirahat dan melakukan pemulihan. Jadi, jika Anda tidak ingin bertambah gemuk jangan sering begadang.

Sumber : Reuters

Ikuti Kami