Pijat Yuk  Agar Depresi dan Stres Hilang

Pijat Yuk Agar Depresi dan Stres Hilang

Puji Astuti Official Writer
5802

Terapi pijat bisa membantu mengurangi gejala depresi, demikian ungkap sebuah literatur medis.

Penulis review ini mengaku mengalami kesulitan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh pijat, mamun demikian, mereka mengatakan ada "bukti kuat yang menunjukkan bahwa terapi pijat merupakan terapi yang efektif untuk depresi."
Depresi merupakan masalah kesehatan terbesar dalam masyarakat, dan pengobatannya sering tidak memadai, demikian tulis Dr Wen-Hsuan Hou dari I-Shou University di Kaohsiung, Taiwan dan rekan-rekannya.

Sedangkan pijat dapat mengurangi stres dan ketegangan dan mungkin memiliki manfaat emosional, penggunaan terapi pijat pada pasien depresi adalah "kontroversial," demikian catat para peneliti, dan "tidak ada review kualitatif dari efek pengobatan terapi pijat pada pasien depresi."

Untuk menyelidiki lebih lanjut, mereka mencari percobaan terkontrol secara acak pada terapi pijat untuk pasien depresi. Mereka mengidentifikasi 17 penelitian pada 786 orang. Dalam 13 pencobaan, terapi pijat dibandingkan dengan perlakuan lain seperti ramuan Cina, latihan relaksasi, atau istirahat, sedangkan empat sample pijat dibandingkan dengan kelompok tidak diobati sama sekali. Peneliti juga menggunakan berbagai metode untuk mengevaluasi suasana hati dan depresi pada peserta studi.

Secara keseluruhan, penelitian, yang "kualitas moderat", menunjukkan bahwa terapi pijat memiliki "efek berpotensi signifikan" dalam mengurangi gejala depresi, para peneliti melaporkan dalam American Journal of Psychiatry.

Tidak jelas dari analisis tersebut, mereka menekankan, apakah seseorang perlu menjalani terapi pijat teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Ada sejumlah cara pijat yang bisa membantu orang depresi, para peneliti mencatat, misalnya, dengan mengurangi stres dan mendorong relaksasi; membangun aliansi antara terapis dan pasien, dengan cara ini tubuh akan melepaskan hormon oxytocin.

"Rancangan lebih baik  dan studi tindak lanjut, termasuk pengukuran hasil yang akurat, dibutuhkan," mereka menyimpulkan.

Pijat adalah sebuah pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak purbakala, bahkan setiap daerah memiliki cara memijatnya sendiri. Nah, untuk Anda yang sedang mengalami depresi, cobalah pijat tradisional yang saat ini sudah mulai menjamur, pasti Anda akan merasa lebih rileks.

Sumber : Yahoo
Halaman :
1

Ikuti Kami