Saatnya Berbisnis Sendiri!!! (2)

Career / 9 April 2010

Kalangan Sendiri

Saatnya Berbisnis Sendiri!!! (2)

Lois Official Writer
2775

Pada pembahasan bagian pertama sebelumnya, untuk menjadi seorang pengusaha, Anda perlu membenahi diri untuk hal-hal tertentu. Berikut ini adalah langkah selanjutnya. Tindakan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memajukan usaha Anda tersebut dan bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain.

 

-         Hindari pengasingan diri

Justru Anda harus aktif membangun hubungan. Dengan berbincang-bincang, dapat menimbulkan ide maupun masukan dari hubungan tersebut.

-         Berada di lingkungan yang mendukung

Jangan lemah karena perkataan negative orang lain, cari tahu apakah ide Anda itu benar-benar bagus atau memang jelek. Tanya kepada orang yang menurut Anda bisa dipercaya dan tahu seluk beluk hal tersebut sebanyak mungkin.

-         Bangun hubungan yang baik dengan manager bank dan kreditor

Hal ini berarti Anda berikan perhatian khusus untuk utang-utang Anda kepada bank maupun kreditor. Bayar sebanyak yang Anda bisa, kepada siapapun Anda berhutang.

-         Menghadiri training atau seminar

Dengan menghadiri seminar, Anda banyak tahu hal-hal yang berhubungan dengan usaha Anda.

-         Temukan rekan kerja yang sesuai

Pastikan rekan kerja Anda membuat suatu keuntungan bagi usaha Anda.

-         Bangun sikap dalam merespon yang baik

Jika ada pelanggan Anda yang komplain, tanggapi dengan baik dan segera perbaiki. Setiap kritikan pelanggan, dapat membuat usaha Anda lebih baik.

-         Konfirmasi pesanan pelanggan secara pribadi

Kadang kala Anda perlu melayani secara lebih lagi. Anda terkadang berikan pelayanan untuk menelepon sendiri pelanggan toko Anda, agar mereka merasa bahwa kebutuhan mereka benar-benar Anda perhatikan.

-         Kerjakan seseorang yang lebih pintar dari Anda

Jika Anda kurang bisa mengurus pembukuan, pekerjakan orang yang bisa di bidang tersebut. Jika marketing Anda kurang, belajarlah dengan mempekerjakan orang yang bisa.

-         Berkualitas di setiap aspek usaha Anda

Juallah barang yang berkualitas dan berilah pelayanan yang memuaskan, jika tidak, ada kemungkinan Anda dapat gagal dalam bisnis Anda.

-         Jangan hiraukan nasihat orang lain

Setiap nasihat orang, siapapun itu, pelanggan Anda, relasi Anda, supplier Anda, perlu Anda perhatikan nasihatnya. Mungkin ada sesuatu saran yang perlu diteladani dari nasihat tersebut.

-         Konsumen tetap

Konsumen yang sering datang ke tempat usaha Anda, jaga dengan hubungan yang baik, dengan pelayanan yang memuaskan mereka.

-         Delegasikan!

Jika Anda bekerja sendirian, Anda akan kecapekan. Anda harus dapat mendelegasikannya kepada orang yang Anda percayai dalam bidang tertentu, sehingga Anda cukup menerima laporan dari orang kepercayaan Anda tersebut. Namun bukan berarti Anda menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada orang lain, bagaimanapun juga ini adalah usaha Anda.

 

Langkah terakhir dari semuanya yaitu rencanakan untuk bersantai sejenak. Setelah bekerja sekian lama, Anda perlu mengisi ulang baterai Anda. Jangan sampai Anda merasa keletihan yang luar biasa. Dengan beristirahat dan bersantai sejenak, dapat memunculkan ide baru dan menyegarkan tubuh dan jiwa Anda.

Sumber : ivillage/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami