Indonesia Gelar ICYS Ke-17 Di Bali

Nasional / 8 April 2010

Kalangan Sendiri

Indonesia Gelar ICYS Ke-17 Di Bali

Daniel Official Writer
2402

Indonesia telah ditentukan menjadi tuan rumah International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-17. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara Asia pertama yang menyelenggarakan kompetisi ilmiah kelas dunia ini. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah ICYS tak lepas dari prestasi tim ICYS Indonesia yang berhasil meraih juara umum dalam ICYS ke-16 di Pszcyna, Polandia, pada tahun 2009 lalu. Demikian diungkapkan Dirjen Manajemen Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Suyanto, pada saat menerima delegasi  ICYS ke-17 Indonesia di Jakarta, Rabu (7/4).

ICYS ke-17 akan berlangsung di Bali pada 12-17 April 2010, dan akan dihadiri oleh peserta dari 19 negara, sebagai berikut : Belarus, Brazil, Kroasia, Jerman, Georgia, Hungaria, Belanda, Polandia, Rumania, Rusia, Turki, Ukraina dan Indonesia, sementara Iran, Inggris, Thailand, Laos, Nigeria dan Kamboja akan mengirimkan peneliti. Sejauh ini Jerman adalah negara yang menjadi pesaing terberat Indonesia karena Jerman juga pernah menjadi juara umum dalam kompetisi ini.

Menurut Direktur Pengembangan Sekolah Menengah Atas Sungkono, kompetisi ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali dan mengembangkan penelitian di kalangan pelajar sekolah menengah di Indonesia. Kompetisi ilmiah ini bertujuan untuk mengembangkan potensi peneliti muda yang diharapkan akan berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penemuan di masa depan. Penyelenggaraan kompetisi ini juga diharapkan akan mempopulerkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki potensi yang besar di bidang sains dan matematika.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami