Kuasa Tuhan Ciptakan Malaikat

Kata Alkitab / 7 April 2010

Kalangan Sendiri

Kuasa Tuhan Ciptakan Malaikat

Lois Official Writer
5665

Alkitab memberitahu kita bahwa malaikat merupakan makhluk yang diciptakan Tuhan untuk melayani Tuhan, dan mereka bertugas untuk menyampaikan pesan Tuhan. Mereka juga merupakan roh yang memperhatikan manusia yang mempunyai keselamatan (lihat Ibrani 1:14).

Yesus sepertinya mengindikasikan bahwa anak kecil mempunyai malaikat yang selalu memandang wajah Bapa di sorga. (lihat Matius 18:10). Jadi konsep tentang malaikat pelindung didasarkan atas Alkitab. Sebagai tambahan, ada juga malaikat pekerja, pangeran malaikat seperti Mikhael (lihat Yudas 1:9) Sepertinya Injil mengindikasikan bahwa Mikael mewakili seluruh bangsa (Daniel 10:13).

Walaupun kita tidak tahu seperti apa bentuk malaikat, namun Alkitab menyebutkan tugas malaikat. Pasal pertama pada Yehezkiel memberitahu sebuah penglihatan dimana nabi melihat sekelompok malaikat yang sangat kudus dan penampilan mereka seperti manusia, hadir seperti kobaran api. Mereka mempunyai empat sayap dan beberapa wajah. Mereka berespon terhadap Roh Tuhan.

Dalam injil Yesaya disebutkan malaikat yang dipanggil serafim mempunyai enam sayap (Lihat Yesaya 6:2-6). Kelompok malaikat lainnya disebut sebagai kerubim yang melindungi kekudusan Tuhan itu sendiri dan di atas tutup perjanjian sayap mereka melambangkan kehadiran Tuhan (Keluaran 25:18-22).

Malaikat merupakan makhluk yang luar biasa, tidak kecil seperti yang kita lihat dalam karya seni Renaissance. Kekuatan mereka sungguh besar sehingga hanya melalui satu malaikat bisa menghancurkan 185.000 prajurit Asyur dalam satu malam (lihat II Raja-Raja 19:35)

Kehadiran mereka sungguh mengagumkan sehingga orang yang melihat mereka akan jatuh pingsan dengan muka ke tanah atau akan sujud secara otomatis (lihat Daniel 10:9).

Malaikat itu sungguh ada dan nyata. Mereka bermacam-macam jenisnya dan dengan tugas masing-masing. Karena kita tahu betapa hebatnya seorang malaikat, kita jadi lebih menyadari Pencipta malaikat yang lebih luar biasa lagi kuasa-Nya dibandingkan dengan malaikat yang diciptakan-Nya. Bersyukur bahwa Pencipta yang sebesar itu dapat kita panggil dengan sebutan Sahabat, Bapa, Tuhan kita.

Sumber : cbn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami