Filosofi Manajemen Jack Welch

Investment / 7 April 2010

Kalangan Sendiri

Filosofi Manajemen Jack Welch

Daniel Official Writer
6751

Jack Welch dikenal sebagai salah satu Chief Executive Officer(CEO) legendaris yang pernah memimpin General Electric menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia dan dinobatkan sebagai ''Manager of the Century'' pada 1999 oleh majalah Fortune. Welch terkenal dengan gaya manajemennya yang unik, dan efektif.

Berikut ini adalah sejumlah filosofi manajemen dari Jack Welch, yang dapat Anda aplikasikan dalam membangun bisnis apa pun dan berskala apa pun yang sedang Anda jalankan :

1. Jangan takut pada perubahan. Perubahan adalah hal yang baik. Welch bersikeras agar semua manajernya, baik di level atas mau pun bawah, berani ''merangkul'' perubahan mulai dari kondisi pasar, lingkungan bisnis, kebiasaan konsumsi konsumen, kemajuan teknologi, produk baru, serta para kompetitor yang terus bergerak.

2. Jadilah pemimpin, tapi jangan terlalu mengatur. Welch ingin agar orang-orang di posisi atas memimpin, bukan mengatur-atur. Manajer yang sukses, menurut Welch, hanya dapat memahami proses kerja secara keseluruhan jika mereka mengintegrasikan tugas-tugasnya untuk memahami berbagai aspek bisnis.

 3. Rekrut manajer ideal. Manajer ideal menurut Welch, adalah mereka yang memiliki visi, mempunyai energi tak terbatas, dan memiliki kemampuan memancarkan antusiasme dan menyalakan api semangat para karyawan lain. Selain keterampilan tersebut, manajer terbaik juga dikarunia kemampuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan memperbaiki sebuah visi dan menjalankannya dengan cara yang praktis.

4. Jangan abaikan fakta mengenai bisnis dan pasar. Karena hal ini akan menyebabkan kegagalan. Ada dua hal yang dapat Anda lakukan mengenai fakta-fakta tersebut: mengambil keuntungan darinya, atau melindungi diri dari efek negatifnya.

5. Fokus, konsisten, mendetail. Memfokuskan diri Anda pada perubahan jika diperlukan, bukalah diri Anda terhadap ide-ide baru. Keunggulan seorang pemimpin adalah memberikan pelayanan pada pelanggan, fokus pada kualitas, sederhana, memberdayakan manajer dan karyawan.

Sumber : mediaondonesia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami