Resep Sukses

Investment / 7 April 2010

Kalangan Sendiri

Resep Sukses

herzon michael rijkers Official Writer
4072
".. dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga." (Filipi 2:4)

Inilah salah satu resep untuk meraih kesuksesan. Zig Ziglar, motivator dan penulis buku best seller berkata, "Anda bisa mendapatkan segala yang Anda inginkan dalam kehidupan ini kalau saja Anda mau membantu cukup banyak orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan." Dari pernyataan Zig Ziglar ini kita bisa simpulkan bahwa kunci sukses adalah bagaimana mengutamakan orang lain lebih dulu daripada diri kita sendiri. Fokus terhadap orang lain dulu, baru kemudian secara otomatis hal itu akan berimbas secara positif pada diri sendiri.

Dalam prinsip ini ada sebuah pantangan yang perlu kita ingat yaitu sikap egois! Jika kita bersikap egois dan hanya fokus untuk kepentingan diri sendiri, sebenarnya kita akan sulit meraih kesuksesan. Berhubungan dengan pelanggan misalnya, bagaimana cara kita mendapatkan pelanggan regular yang loyal? Tentu saja kita harus memberi nilai tambah kepada mereka dulu dan membantu mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kita. Setelah mereka puas dengan cara kerja kita, maka secara otomatis mereka akan loyal kepada kita dan kita akan sukses dengan sendirinya.

Prinsip yang ditawarkan Zig Ziglar itu mengajarkan kepada kita tentang, "bukan apa yang kita dapatkan, tetapi keuntungan-keuntungan apa yang bisa kita berikan", "bukan apa yang membuat kita untung banyak, tetapi keuntungan-keuntungan apa yang bisa kita berikan kepada orang lain". Dengan menolong orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, sebenarnya kita sedang menolong diri sendiri untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.Itu sebabnya kita perlu membuat daftar "Apa yang sebenarnya diinginkan orang lain berkenan dengan bisnis kita." Pelayanan yang ramah, kemudahan layanan, penghematan waktu, efisiensi, produk atau jasa yang berkualitas, bisa diandalkan, bisa dipercaya, memiliki nilai tambah dibandingkan usaha lain, dsb. Usahakanlah agar Anda bisa membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan!

Bukan tentang apa yang kita dapatkan, tetapi apa yang bisa kita berikan.

Sumber : RH. Spirit, September 2008, K.
Halaman :
1

Ikuti Kami