Pita Suara Rusak Karena Rokok

Nasional / 5 April 2010

Kalangan Sendiri

Pita Suara Rusak Karena Rokok

Lois Official Writer
5201

Church mengaku bahwa bobot tubuhnya telah berkurang kira-kira 10 kg dengan berhenti memakan permen, yang sebelum ini dikonsumsinya untuk menolongnya meninggalkan kebiasaan merokok.

Pada tahun 2006 dengan bangga Church mengumumkan bahwa ia berhenti merokok, alasannya karena ia takut vokalnya rusak. ”Saya merokok kira-kira 20 atau 25 batang sehari dan saya berusaha berhenti beberapa kali sebelumnya, tapi hanya bertahan setengah hari,” kata Church ketika itu.

“Dalam empat atau lima bulan sebelum saya berhenti, merokok mempengaruhi vokal saya, kontrol napas saya, tone saya, dan menurut saya,’Apa yang sedang saya lakukan di sini?’ Sekarang saya sudah berhenti dan merasa jauh lebih sehat,” katanya.

Ia juga menjauh dari rokok karena mengandung kedua anaknya, Ruby & Dexter (2), yang lahir 14 bulan lalu. Namun minggu lalu, dia kedapatan mengisap rokok ketika meninggalkan rumahnya di Cardiff menuju London untuk menjalani shooting reality show BBC, Over the Rainbow, dimana dia berperan sebagai juri.

Church mengatakan bahwa penurunan berat badannya berhasil dilakukan karena sekarang dia memasak makanan sehat dan tidak menyediakan permen lagi di rumah.

Semoga Church memang benar berhenti merokok, yang dapat menyebabkan kerusakan pita suaranya yang indah, dan hidup sehat sehingga para pendengarnya tetap dapat menikmati suara yang pernah melantunkan “Voice of an Angel” ini.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami