Persediaan Ikan Menurun, Danau Galilea Ditutup

Nasional / 5 April 2010

Kalangan Sendiri

Persediaan Ikan Menurun, Danau Galilea Ditutup

Daniel Official Writer
4250

Pemerintah Israel melalui Direktorat Kementerian Pertanian Israel mengumumkan bahwa Danau Galilea menjadi kawasan tertutup bagi aktifitas penangkapan ikan. Larangan yang akan berlaku selama dua tahun ini terpaksa diberlakukan karena stok ikan di danau dengan panjang kira-kira 21 kilometer dan lebar 13 kilometer tersebut anjlok hingga ke level yang mengkhawatirkan. Demikian diberitakan oleh surat kabar The Telegraph, Sabtu(3/4).

Menurut Chaim Anjioni, Direktur perikanan Kementerian Pertanian Israel, pelarangan menangkap ikan selama dua tahun ini diharapkan akan memberi kesempatan bagi ikan kecil untuk bertumbuh besar  sehingga mampu meningkatkan persediaan ikan di danau terbesar di Israel tersebut. Namun kebijakan ini dinilai akan menghentikan juga tradisi mencari ikan sejak masa lalu, dan akan meresahkan para nelayan setempat, serta para peziarah Kristen yang membanjiri danau ini tiap tahun.

Danau Galilea sejak lama terkenal dengan jumlah ikan yang melimpah. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terjadi penurunan dramatis jumlah ikan. Sebelum tahun 2005 kira-kira 295 ton ikan ditangkap setiap tahunnya. Pada 2009, total ikan yang terjaring hanya 8 ton. Ini adalah indikasi bahwa Danau Galilea sedang mengalami kondisi yang kritis sehingga perlu penanganan khusus untuk mengatasinya. Tindakan pemerintah Israel dinilai sangat tepat supaya kelestarian Danau Galilea tetap terjaga.

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami