Dampak Stres Bagi Kesehatan Mulut Anda

Psikologi / 3 April 2010

Kalangan Sendiri

Dampak Stres Bagi Kesehatan Mulut Anda

Puji Astuti Official Writer
5491

Stres berat mungkin memang membuat kita mengalami sakit kepala, sakit perut atau perasaan tegang. Tapi apa ada hubungannya stres dan penyakit pada mulut, gigi, dan gusi? Ternyata memang ada.

Stres akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda yang meliputi:

  1. Mulut mudah terluka termasuk sariawan.
  2. Mengepalkan gigi dan gigi grinding (bruxism)
  3. Mulut mengalami masalah karena rutinitas makan yang terganggu
  4. Periodotal (gusi) atau memburuknya penyakit pada gusi

Jadi bagaimana cara mengatasinya?

Untuk masalah luka pada mulut, menurut para ahli berhubungan dengan menurunnya daya tahan tubuh. Hal ini menyebabkan sariawan, dan biasanya akan hilang secara sendirinya dalam seminggu atau 10 hari. Untuk mengurangi rasa sakit, hindari makan pedas, panas dan mengandung asam tinggi seperti tomat atau jeruk.

Kedua, stres sering membuat Anda menggiling gigi Anda dimalam hari tanpa Anda sadari. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami masalah gigi dan rahang yang terletak didepan telinga tempat tengkorak dan rahang bawah bertemu. Temuilah dokter Anda apa yang harus dilakukan untuk mengurangi efek mengepal ini. Dokter gigi mungkin menyarankan alat untuk penjaga yang akan Anda gunakan sewaktu tidur atau alat lain yang akan menghentikan atau meminimalkan hal ini.

Stres bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda, bisa membuat mulut bau karena asam lambung yang meningkat yang dapat mengurangi kepercayaan diri Anda. Cara paling dasar untuk menyelesaikannya adalah menyerahkan segala kekuatiran dan penyebab stres Anda pada Tuhan. Jika Anda sudah tidak mampu menyelesaikan masalah Anda, mintalah pertolongan dari yang diatas.

Sumber : webmd
Halaman :
1

Ikuti Kami