Saatnya Berbisnis Sendiri!!! (1)

Career / 2 April 2010

Kalangan Sendiri

Saatnya Berbisnis Sendiri!!! (1)

Lois Official Writer
3066

Anda ingin jadi bos atas diri Anda sendiri? Mempunyai bisnis sendiri tidaklah gampang, namun bila Anda tekuni dapat dipelajari. Tentu akan ada penyesuaian dan ketrampilan lain yang harus Anda pelajari selama tahun-tahun pertama. Karena itu, berikut ini ada beberapa saran yang dapat berguna bagi perkembangan bisnis Anda :

Bergerak di usaha yang Anda kenal

Jangan pernah coba-coba membuka usaha yang bidangnya tidak Anda kenal sama sekali atau hanya sedikit yang Anda ketahui, karena Anda seperti membeli kucing dalam karung.

 Lakukan terbaik

Pekerjaan Anda adalah hidup Anda, jadi berpikir keraslah untuk bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Anda dapat mengeluarkan voucher potongan harga, mempromosikan dagangan Anda dengan harga promosi ataupun mengeluarkan diskon kepada pelanggan atau klien yang menandatangani kontrak dengan Anda

Fleksibel dalam berpikir

Siapkan diri untuk dapat mengubah cara kerja Anda, produk yang Anda gunakan, atau pelayanan yang Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Bedakan antara pekerjaan dan masalah pribadi

Atur waktu kerja Anda dan patuhilah. Hal ini perlu dilakukan agar ada keseimbangan dalam hidup Anda. Namun, Anda bisa meninggalkan nomor darurat yang dibutuhkan bila pelanggan Anda mencari Anda.

Tulis rencana bisnis Anda

Setelah Anda memikirkan semuanya itu, saatnya untuk menuliskan rencana Anda, dan laksanakan sesuai dengan waktu yang telah Anda tetapkan.

Jangan sampai kehilangan ‘pandangan'

Pandangan di sini merupakan pemikiran brilian Anda. Gali terus. Buat inovasi baru, jelajahi pasaran mana yang perlu diraih.

Akui kesalahan Anda dan benahi itu

Kesalahan apapun itu, belajarlah dari hal tersebut. Jadikan hal tersebut sebagai panduan untuk langkah selanjutnya.

Siapkan keuangan Anda

Sebaiknya siapkan keuangan Anda untuk hal-hal yang tidak terduga dan juga biaya untuk sekitar dua tahun ke depan.

Fokus pada tujuan tertentu

Tujuan apa yang ingin Anda capai tahun ini? Mempunyai cabang? Atau mempunyai setidaknya 1000 atau 10000 pelanggan tetap? Omset meningkat 100%? Fokus pada tujuan Anda tersebut.

Jangan kuatir

Jangan kuatir bagaimana akhir dari usaha yang sudah Anda lakukan. Jangan pikirkan tentang apakah hasilnya akan baik atau buruk, yang terpenting buat tujuan akhir Anda dan kerjakan.

Gunakan internet

Sekarang ini semua perusahaan mempunyai alamat website, bahkan ada yang jualan online. Anda dapat mempromosikan usaha Anda melalui internet.

Siapkan ‘waktu berpikir' setiap harinya

Waktu berpikir ini dapat Anda gunakan untuk menentukan langkah selanjutnya, ide baru apa yang dapat dipakai, atau semua strategi yang Anda butuhkan untuk membuat usaha Anda maju.

Sumber : ivillage/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami