Hal Sederhana Mengubah Pola Makan Anda

Solusi Sehat / 2 April 2010

Kalangan Sendiri

Hal Sederhana Mengubah Pola Makan Anda

Daniel Official Writer
4822

Untuk mengubah pola makan sebenarnya bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Jika hal itu dilakukan terus-menerus akan memperbaiki kondisi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Hal-hal apa yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perubahan pola makan, sebagai berikut :

1. Jangan terlalu sering menambahkan garam pada makanan Anda. Asupan garam per hari yang disarankan, yaitu 6 gram sehari.

2. Kurangi takaran gula. Rata-rata orang menambahkan dua sendok teh gula, tapi coba kurangi menjadi satu sendok teh saja. Satu sendok teh gula saja sudah mengandung 15 kalori.

3. Isi piring makan Anda setengahnya sayuran, kemudian isi setengahnya lagi (masing-masing seperempat) dengan nasi dan daging, telur, atau tahu-tempe. Jika Anda melakukan hal ini setiap hari maka dalam dua minggu Anda telah mengurangi cukup banyak kalori (hampir 3.000 kalori) untuk menghilangkan 1/2 kg lemak tubuh. Pada saat yang sama, Anda juga meningkatkan asupan sayuran yang rendah kalori, tetapi menyehatkan.

4. Jika Anda hendak memakan ayam, buang kulitnya yang berlemak. Kalau Anda melakukannya, Anda telah mengurangi 4 gram lemak. Mengurangi lemak jenuh seperti ini tidak hanya membantu Anda mengendalikan berat badan, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol (lemak jenuh akan menyumbat arteri) dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

5. Kurangi pemakaian sambal atau saus tomat karena satu sendok makan saos maksimal mengandung 10 gram gula. Dengan mengurangi ukuran saji yang disarankan pada kemasan botolnya (15 gram atau dua sendok makan), Anda akan jauh mengurangi asupan gula yang tak perlu.

6. Masukkan lebih banyak bawang ke dalam masakan Anda. Satu bawang sebesar 80 gram yang kita konsumsi sama dengan mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami