Dari Sabang Sampai Merauke, Berjajar Makanan

Entertainment / 1 April 2010

Kalangan Sendiri

Dari Sabang Sampai Merauke, Berjajar Makanan

Lois Official Writer
4071

Restoran Taman Bumbu yang terletak di Hotel Millenium, Jakarta menyediakan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Harga makan siang buffet di restoran ini termasuk murah untuk ukuran hotel, sekitar Rp. 75.000/nett per orang. Sebelumnya restoran ini bernama Kafe Sirih.

“Selama saya bergabung di hotel ini, tamu yang berasal dari berbagai pulau, ada yang dari Irian, Nusa Tenggara Timur, dan Lombol. Dari situlah ide ini muncul.” Papar Bobby Siswara, Food and Beverage Director Millenium Hotel, Sirih, Jakarta. Karena itulah, nama restoran pun diganti, untuk menyesuaikan menu makanan yang berasal dari berbagai daerah, dengan bumbu dan ciri khas-nya masing-masing.

Restoran Taman Bumbu menyediakan makanan dari pukul 6.00 hingga 22.00 WIB, seperti ikan gurame dari daerah Sunda, ayam taliwang dari daerah timur dan rendang khas Sumatera Barat.

Tidak hanya itu, di restoran ini pengunjung akan menemukan makanan khas dari beberapa daerah yang sulit ditemui di tempat lain, sabra au bia misalnya. Tak banyak orang yang mengetahui makanan asal Papua ini.

Sabra au bia terlihat sangat familier karena menyerupai kari. Tak heran jika makanan yang terdiri dari hidangan laut seperti ikan, cumi-cumi, kerang hijau, dan udang ini langsung jadi favorit.

Pada makanan ini juga akan dijumpai kecobrang, batang dari tumbuhan semacam lengkuas yang baunya sangat khas, mirip daun sirih. Makanan ini sangat baik untuk kesehatan.

Makanan favorit lainnya yaitu selada ikan telaga biru yang berasal dari Bali dan ayam pringsewu dari Jawa Tengah. Selada ikan telaga biru juga berisi hidangan laut dengan bumbu pedas yang dicampur dengan minyak, bumbunya sangat terasa karena seluruh bumbu tidak ada yang dimasak.

Untuk sambal, ada banyak pilihan, antara lain sambal mangga (Jawa Barat), sambal kluwek (Pemalang), sambal tempe (Jawa), sambal kemangi (Makassar), sambal padang (Sumatera Barat), dan sambal petai yang menjadi sambal favorit. Ada juga sambal ebi yang merupakan sambal ciptaan Chef Pahyono sendiri.

Suasana restoranpun tidak kalah Indonesia-nya. Tanaman pohon pisang yang melukiskan alam Indonesia. Di beberapa pojokan akan ditambahkan lampu andong khas Jogja, dihiasi dengan kayu ukir khas Jepara, dan akan menyajikan air menggunakan kendi.

Bagi Anda yang penasaran, Restoran Taman Bumbu dapat menjadi pilihan, baik untuk makan siang Anda maupun saat santai lainnya.

Sumber : sinarharapan/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami