Trend Baru Di India, Bunuh Diri

Nasional / 31 March 2010

Kalangan Sendiri

Trend Baru Di India, Bunuh Diri

Puji Astuti Official Writer
3168

Seorang mahasiswa tehnik kimia dari Universitas bergengsi di Hyderabad, India ditemukan menggantung dirinya di kamar asramanya. Sai Kumar Megada adalah orang ke 200 yang ditemukan bunuh diri dengan alasan memberikan dukungan politik.

"Untuk rakyat Telangana, ini adalah penghormatan terahir saya. Permintaan dan harapan terakhir saya adalah bawa tubuh saya ke gedung legislatif. Selamat tinggal," demikian pesan tertulis Meegada.

Meegada memberikan dukungannya untuk pembentukan negara bagian ke 29 di India, Telangana. Kebanyakan yang melakukan bunuh diri dalam memberikan dukungan politik ini adalah anak-anak muda dan orang terpelajar. Mereka yang harusnya memiliki masa depan yang cerah dan menjadi harapan untuk menjadi tulang punggung keluarga, mati sia-sia bagitu saja dengan cara bunuh diri.

Namun bukan kalangan atas saja yang melakukan bunuh diri. Para petani juga sering dilaporkan di surat kabar melakukan bunuh diri karena masalah kemiskinan. Bunuh diri meningkat dua kali lipat dalam kurun waktu 2006 hingga 2008, demikian data resmi yang dirilis pemerintah India.

Saat ini para politisi sedang mengkampanyekan kepada kaum muda Telangana untuk tetap hidup jika benar-benar ingin memperjuangkan impian mereka.

Bunuh diri bukanlah tindakan berani, tetapi pengecut. Seseorang yang berani akan memperjuangkan apa yang ia percayai sekuat tenaganya hingga terwujud. Kiranya fenomena ini tidak terus berlanjut, dan digantikan dengan semangat hidup yang tinggi untuk membangun bangsanya.

Sumber : NY Times
Halaman :
1

Ikuti Kami