12 Tahun Diculik, Berhasil Dibebaskan Ayahnya

Nasional / 31 March 2010

Kalangan Sendiri

12 Tahun Diculik, Berhasil Dibebaskan Ayahnya

Lois Official Writer
3254

Sersan Pablo Emilio Moncayo, ditangkap oleh gerilyawan Revolutionary Armed Forces of Colombia (Farc) pada saat berumur 19 tahun dan diserahkan di hutan belantara sebelah selatan. Dia ditahan selama 12 tahun dan baru dibebaskan sekarang. Dia kembali bertemu dengan keluarganya di kota Florencia.

Saat Sersan Moncayo turun dari kapal terbang dengan seragam lengkapnya, dia menghampiri keluarganya dan berkata, "Aku berterima kasih kepada Tuhan dan ayahku. Kalian tidak akan tahu bagaimana terkejutnya aku bisa kembali ke tengah masyarakat."

Kasus ini mulai mencuat ke permukaan pada tahun 2007, ketika ayahnya, Gustavo, mendatangi berbagai negara untuk berkampanye atas penahanannya. Sang ayah meminta agar anaknya dapat dibebaskan.

Ayahnya yang dibantu oleh International Committee of the Red Cross (ICRC), Senator Piedad Cordoba dan Bishop Leonardo Gomez Serna terbang ke lokasi tempat penahanan sang anak dan bernegosiasi dengan Farc.

Selain Sersan Moncayo, mereka juga melepaskan Josue Daniel Calvo pada hari Minggu kemarin setelah hampir setahun ditangkap. Mereka berkata bahwa mereka tidak akan melepaskan tahanan yang lain sampai pemerintah setuju untuk melakukan negosiasi.

The Farc menentang negara Colombia selama lebih dari empat decade dan menahan lebih dari 20 polisi dan tentara. Mereka juga menahan ratusan penduduk sipil Colombia selama bertahun-tahun ini.

Sumber : bbc/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami