Honey, Lets Talk About Money

Marriage / 30 March 2010

Kalangan Sendiri

Honey, Lets Talk About Money

Puji Astuti Official Writer
4193

Ada banyak masalah dihadapi oleh pasangan yang telah menikah karena mereka tidak pernah bisa membicarakan masalah uang. Memang, bahkan ketika orang memiliki hubungan yang stabil - dan tak peduli berapa banyak uang yang mereka miliki - uang ini masih sering menjadi sumber konflik. Penelitian dari Utah State University menemukan bahwa perbedaan pendapat tentang uang adalah salah satu indikator perceraian.

Jadi cara terbaik untuk menyelamatkan pernikahan Anda, adalah mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk membicarakan masalah keuangan dengan pasangan Anda. Beberapa alasan penting Anda dan pasangan perlu tahu cara membicarakan masalh uang adalah (1) Tapi, jika Anda mengetahui bagaimana berbicara tentang uang, ia membayar dividen. Anda tidak perlu membuang energi untuk berdebat tentang bagaimana menggunakan uang kalian; (2) Bila pasangan dapat berbicara tentang uang, mereka mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Mungkin itu berarti menciptakan rencana pengeluaran atau tabungan atau akhirnya membuat janji untuk bertemu penasihat investasi; (3) Jika Anda bisa mengetahui cara untuk berhubungan dengan pasangan Anda tentang uang, Anda akan sering menemukan bahwa Anda dapat berhubungan lebih baik di berbagai isu-isu lain seperti merencanakan liburan atau membesarkan anak-anak Anda.

Ya, berbicara tentang uang dapat tampak menakutkan dan sulit - tetapi tidak harus. Berikut adalah delapan tips untuk membantu Anda memulai percakapan:

1. Just do it. Mulailah dengan mengakui pada pasangan Anda bahwa berbicara tentang uang dapat merasa canggung, tapi membangun kepercayaan dan meletakkan landasan yang kuat untuk hubungan Anda. Ketika memulai, berikan keuntungan pada diri sendiri seperti dengan mencari waktu dan tempat di mana Anda dapat bersantai;

2. Bernostalgia. Cara mudah untuk memulai adalah dengan berbagi kenangan. Ingat saat pertama kali Anda membeli sesuatu dengan uang Anda sendiri? Apa yang Anda beli? Bagaimana Anda mendapatkan uang? Sebuah percakapan sederhana seperti ini membuktikan bahwa Anda dapat berbicara tentang uang dengan cara yang konstruktif.

3. Pikirkan keluarga. Ketika bertumbuh dewasa, bagaimana uang dibicarakan  di rumah Anda? Siapa yang membayar tagihan? Bagaimana keputusan penting tentang keuangan dibuat? Jika ada argumen tentang uang, apa yang menyebabkan dan bagaimana Anda terlibat? Bagaimana Anda tahu kapan Anda tidak setuju mengenai keputusan orangtua Anda tentang keuangan?

4. Melihat-lihat. Apakah keluarga Anda memiliki gaya hidup atau nilai-nilai yang berbeda daripada keluarga pasangan Anda atau orang lain di lingkungan Anda atau komunitas? Apakah mereka mendorong Anda untuk menyesuaikan diri? Apakah mereka mendorong Anda untuk mendapatkan lebih banyak pendidikan.

5. Menikmati hidup. Bagaimana Anda menghabiskan uang untuk bersenang-senang di masa lalu? Apa yang Anda lakukan untuk bersenang-senang dan kenikmatan yang murni tanpa biaya sepeser pun? Di masa depan, bagaimana Anda melihat pengeluaran uang untuk hiburan, dan kegiatan rekreasi yang menyenangkan?

6. Berbagi masa lalu. Bagaimana Anda menggambarkan masa lalu keuangan Anda? Apakah Anda memiliki sejarah tabungan, investasi atau utang? Apakah Anda pernah dinyatakan pailit atau memiliki utang kartu kredit utama?

7. Memperjelas harapan. Bagaimana Anda berdua menentukan apa yang diperlukan agar Anda merasa aman secara finansial? Bagaimana Anda berdua merasa tentang memberi kepada gereja Anda, amal atau untuk membantu teman-teman dan keluarga? Berapa banyak utang masing-masing dari Anda yang dapat Anda berdua dapat tanggung  dari bulan-ke bulan?

8. Memiliki sebuah sistem. Bagaimana Anda mengelola uang sebagai pasangan? Apakah Anda membagi siapa yang menangani tagihan dan siapa yang menangani investasi? Apakah Anda berdua mengerti pengeluaran harian dan bulanan - seperti bahan makanan dan menjaga anak - atau tentang sewa rumah dan cicilan mobil? Bagaimana Anda membagi pendapatan dan pengeluaran Anda? Bagaimana Anda menentukan berapa maksimum uang yang dapat Anda gunakan tanpa berbicara dengan pasangan Anda terlebih dahulu?

Jika membacanya saja sepertinya mudah, namun untuk melakukannya,Anda dan pasangan perlu sedikit kerja keras. Namun percayalah, kerja keras yang Anda berdua lakukan dalam hal ini layak dilakukan, karena Anda berdua akan menuai hasil yang sangat bermanfaat bagi masa depan pernikahan Anda.

Sumber : Cross Walk
Halaman :
1

Ikuti Kami