Masdar, Konsep Kota Tanpa Karbon

Nasional / 30 March 2010

Kalangan Sendiri

Masdar, Konsep Kota Tanpa Karbon

Daniel Official Writer
3198

Pemerintah Abu Dhabi kembali akan mengerjakan proyek besar dengan membangun kota bebas karbon pertama di dunia.  Kota ini sedang dibangun di Masdar, Abu Dhabi. Kota Masdar dirancang secara serius melalui kerjasama pemerintah Abu Dhabi dengan firma arsitek asal Inggris, Foster and Partners. Design kota ini mengombinasikan teknologi Abad 21 dan arsitektur gurun pasir tradisional untuk menciptakan kota tanpa karbon yang nyaman.

Di kota ini, Anda tidak akan menemukan mobil dan gedung pencakar langit bahkan semua digerakkan oleh matahari. Untuk mewujudkan kota Masdar menjadi kota yang bebas karbon bukan hal yang mudah. Foster and Partners harus mengubah energi matahari menjadi aset terbesar mereka. Saat ini mereka telah membangun teknologi pembangkit listrik tenaga sinar matahari terbesar di Timur Tengah untuk memenuhi kebutuhan warga kota. Para arsitek juga akan membangun gedung-gedung modern namun berarsitektur gurun tradisional.

Rencananya Masdar akan dihuni 50.000 orang dan terdapat sedikitnya 1.000 tempat bisnis dan sebuah universitas. Seperti yang diungkapkan oleh pemerintah Abu Dhabi. Seluruh biaya pengerjaan kota Masdar ditanggung oleh Sheikh Khalifa bin Al Nahyan. Al Nahyan mengeluarkan uang sebesar USD15 miliar atau Rp136 triliun untuk proyek ini.

Kepala arsitek pembangunan Masdar, Gerard Evenden, mengatakan bahwa dia yakin proyek kota tersebut merupakan langkah yang tepat dan merupakan awal untuk menciptakan Lembah Silikon energi yang terbarui. Masdar akan menjadi kota di padang gurun dengan suhu yang rendah dan karbon yang rendah pula.

Sumber : okezone.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami