Cari Kerja Lewat Jejaring Sosial Yuk..

Cari Kerja Lewat Jejaring Sosial Yuk..

Puji Astuti Official Writer
2687

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan atau mempertimbangkan transisi karier? Manfaatkanlah berbagai jejaring sosial yang saat ini sudah mulai menjamur. Mulai dari jejaring sosial yang bersifat umum, maupun yang sudah mulai mengkhususkan diri dengan kategori tertentu, Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dari trend saat ini. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Biarkan orang tahu bahwa Anda sedang mencari kesempatan kerja baru. Dengan kondisi perekonomian saat ini, para pengusaha tahu bahwa banyak orang menjadi pengangguran bukan karena masalah kinerja yang buruk, namun juga karena faktor perusahaan yang harus memotong jumlah pegawainya.

2. Perbarui status Anda dengan kreatif  untuk mengingatkan jaringan Anda secara berkala bahwa Anda sedang mencari posisi, jenis pekerjaan yang Anda targetkan dan kepentingan perusahaan tertentu. Anda juga perlu memonitor status orang lain dalam jaringan Anda karena mungkin saja Anda menemukan peluang kerja dari mereka. Selain itu, jangan segan-segan membantu orang lain, mungkin sekedar memberikan rekomendasi atas kebutuhan mereka. Orang secara alami ingin membantu orang-orang yang telah membantu mereka.

3. Memperluas jaringan Anda. Semakin besar jaringan Anda, semakin banyak sumber daya yang Anda dapat akses untuk membantu Anda dalam transisi pekerjaan. Pada jaringan, bukan hanya siapa yang kamu ketahui sekarang yang penting, melainkan mereka yang tahu Anda baik di level kedua ataupun ketiga dari jejaring Anda memungkinkan Anda untuk menemukan pekerjaan baru Anda. Berikut adalah beberapa cara kunci Anda dalam mengembangkan jaringan Anda:

- Lengkapi profil Anda. Semakin lengkap profil Anda, semakin mudah bagi orang lain untuk menemukan Anda.

- Undang semua orang yang Anda kenal untuk bergabung dengan jaringan Anda. Cari rekan Anda dari berbagai kategori: sekolah, pekerjaan, gereja, kelompok-kelompok profesional, kegiatan masyarakat, orang tua dari teman-teman anak-anak Anda, dll

- Bergabung dalam kelompok alumni, kelompok bisnis, kelompok-kelompok kepentingan, dll;

Menetapkan tujuan untuk menambah 5-10 orang per hari untuk jaringan Anda di minggu berikutnya. Tak lama kemudian, Anda akan memiliki komunitas yang kuat dari orang-orang yang penting bagi Anda untuk menemukan pekerjaan baru.

Menggunakan media jaringan sosial adalah cara strategis untuk masuk ke dalam pasar kerja "tersembunyi", untuk menemukan pekerjaan yang tidak diiklankan atau bahkan belum dibuat. Mayoritas pekerjaan - termasuk banyak dari pekerjaan terbaik - tidak diiklankan di internet. Kunci untuk menemukan pekerjaan di pasar kerja yang tersembunyi adalah mengetahui (1) jenis spesifik pekerjaan yang Anda inginkan  dan (2) cara memasarkan diri Anda sendiri.

Kini, siapkah Anda untuk mempromosikan diri Anda sendiri melalui jejaring sosial untuk menemukan pekerjaan impian Anda?

Sumber : Cross Walk

Ikuti Kami