Iklan Digital dengan Wajah Anda

Iklan Digital dengan Wajah Anda

Lois Official Writer
3207

Di dalam periklanan, Anda yang melihat suatu iklan. Tapi sebentar lagi, iklan tersebut yang memperhatikan Anda. Di dalam sebuah film yang berjudul "Minority Report" dari 20th Century Fox digambarkan di masa depan bahwa ketika Tom Cruise lewat, ada kamera yang menangkap wajahnya dan mengadaptasinya ke suatu iklan. Masa depan itu terjadi sekarang.

Di Jepang, ada suatu papan iklan yang di atasnya diletakkan kamera dan dihubungkan dengan komputer. Bila Anda menghampiri papan iklan tersebut, maka kamera akan secara otomatis menangkap gambar wajah Anda, komputer akan mengidentifikasi Anda apakah Anda wanita atau pria, beserta usia Anda.

Kemudian, data Anda akan ditampilkan di suatu halaman dengan penjelasan berapa usia Anda dan makanan apa yang Anda sukai. Hal yang lebih mengagumkan lagi, komputer akan menentukan seberapa tertarik Anda terhadap iklan yang sedang dilihat dan sudah berapa lama Anda berada di depan papan iklan tersebut. Data ini digunakan untuk kebutuhan perusahaan yang memasang iklan tersebut.

Pembuat software ini menyebutkan bahwa komputer mampu menangkap secara akurat berkisar 10 tahun dari usia Anda yang sesungguhnya. Papan iklan ini dapat menghasilkan statistik yang akurat dan langsung dapat dilihat. Komputer bisa menunjukkan iklan mana yang paling banyak dilihat, berapa persen tiap usia yang melihat iklan tersebut, ataupun barang-barang apa yang paling diminati, sehingga pangsa pasar perusahaan tersebut dapat semakin akurat dan efektif.

Selama ini, iklan hanya memunculkan data yang diperlukan dan foto tidak tersimpan dalam basis data (database). Namun, bagaimanapun juga ada ketakutan dalam hal ini, menyangkut privasi orang tersebut.

NEC, perusahaan yang meluncurkan software ini yakin bahwa dalam dua sampai tiga tahun ke depan, pangsa pasar bagi yang memasang iklan digital akan meningkat sebanyak 10% di seluruh dunia.

Sumber : cnn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami