Pentingnya Mengajak Bayi Bicara

Solusi Sehat / 29 March 2010

Kalangan Sendiri

Pentingnya Mengajak Bayi Bicara

Puji Astuti Official Writer
4097

Pernah mengajak seorang bayi berbicara? Mungkin Anda mencoba menggunakan bahasa bayi juga. Namun sebuah penelitian menemukan mengajak bayi berbicara akan sangat membantu mereka, sekalipun mereka masih belum tahu artinya.

Penelitian menunjukkan bayi yang berusia 3 bulan ketika diajak berbicara akan mempengaruhi perkembangan kognitifnya dan membantu otaknya untuk membentuk kategori.

Bayi lebih mudah belajar mengasosiasikan kata-kata dari pada hanya suara dan gambar. Dengan bukti ini, Susan Hespos, seorang professor psikolog dari Northwestern University mendorong para orangtua untuk lebih sering mengajak bayinya berbicara.

Memperkenalkan benda kepada bayi lebih efektif dengan menceritakannya dan menunjukkannya. Hal ini sama seperti ketika Anda mendengarkan dongeng dari orangtua Anda pada waktu kecil. Selain membantu perkembangan buah hati Anda, dengan berbicara atau mendongengkan cerita akan membangun hubungan pribadi yang kuat antara Anda dengan buah hati Anda. Jadi mulai sekarang, jangan segan-segan mengajak bayi Anda untuk berbicara ya. Akan lebih baik gunakan bahasa Indonesia yang baik.

Sumber : Webmd
Halaman :
1

Ikuti Kami