Bendungan Alam Jebol, 50 Ribu Orang Terancam

Bendungan Alam Jebol, 50 Ribu Orang Terancam

Daniel Official Writer
2853

Baru-baru ini di Indonesia sempat tersebar isu yang meresahkan masyarakat yaitu tentang akan jebolnya bendungan Jati Luhur yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Namun di Pakistan, ada sekitar 50.000 orang yang benar-benar mengalami ancaman jebolnya bendungan alam yang terbentuk karena tanah longsor.

Pada awal Januari lalu, tanah longsor telah memblokir sungai Hunza dan menciptakan sebuah danau yang menengelamkan beberapa desa. Pemerintah Pakistan sedang berusaha mencegah bobolnya bendungan tersebut dengan menyingkirkan puing-puing dan membuat satu lobang pembuang air, yang menurut rencana akan selesai pertengahan April. Lubang ini akan menyalurkan air ke sungai dan dibuat untuk mengawasi aliran air di danau itu. Meskipun demikian warga di sekitar bendungan itu masih resah karena menilai keadaan ini memiliki potensi bahaya.

Danau itu juga memblokir daerah 1,3 km dari Jalan Raya Karakoram, sebuah jalan yang menghubungkan Pakistan dan China melalui pegunungan Himalaya. Daerah itu juga merupakan rute perdagangan bagi satu daerah penting barang-barang untuk warga Pakistan. Jika bendungan alam itu jebol maka diperkirakan gelombang air  akan membahayakan hampir 11.000 warga di distrik-distrik Gilgit-Biltastan dan antara 40.000 dan 50.000 orang di daerah hilir.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami