Pikiran Tenang Ingatan Cemerlang

Psikologi / 27 March 2010

Kalangan Sendiri

Pikiran Tenang Ingatan Cemerlang

Puji Astuti Official Writer
3695

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pikiran yang tenang memiliki ingatan yang lebih kuat. Berdasarkan penelitian dari ilmuwan Amerika Serikat ini, bantuan kepada mereka yang mengalami kecacatan seperti penyakit dementia akan semakin terbantu.

"Penelitian ini membuktikan hubungan langsung antara tingkat kerja otak dan efeknya pada kebiasaan manusia," demikian jelas Ueli Rutishauser dari California Institute of Technology atas hasil penelitian mereka.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa pikiran yang tenang akan menerima informasi dengan lebih baik, penelitian ini memperlihatkan mekanisme antara neuron yang rileks dengan meningkatnya daya ingat.

Dengan hasil penelitian ini, mereka yang mengalami kecacatan otak, dapat dibantu oleh dokter untuk mengoptimalkan kemampuan otaknya dan memiliki ingatan serta koordinasi antara otak dan tubuh yang lebih baik.

Penelitian ini dilakukan pada sukarelawan penderita epilepsy. Menurut periset, alat yang mereka gunakan adalah EEG (electroencephalogram) sebuah alat yang langsung ditanam di otak. Penelitian ini dilakukan bersamaan dengan penelitian aktivitas epileptic dan tidak membahayakan sukarelawan.

Dengan adanya bukti ini, maka penting menjaga pikiran tetap tenang ketika akan belajar atau mencari ide kreatif. Jadi, rileks yuk..

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami