Cara Untung Beli Apartemen

Investment / 27 March 2010

Kalangan Sendiri

Cara Untung Beli Apartemen

Lois Official Writer
3871

Apartemen sekarang ini banyak diminati oleh orang, khususnya di Jakarta, dengan lokasi tanah yang semakin sempit dan mahalnya pembelian rumah dengan tanah tersebut. Jika Anda ingin berinvestasi, klik di sini. Namun sebelumnya, Anda perlu melihat dari berbagai segi berikut ini :

Lokasi

Tentukan berdasarkan unsur kedekatan yang pantas menjadi pertimbangan utama. Misalnya, dekat dengan kantor. Kecuali Anda membelinya untuk investasi. Atau Anda bisa juga membeli apartemen tersebut karena dekat dengan pusat bisnis dan keramaian.

Ukuran

Ukuran apartemen biasanya beragam. Harga sebuah apartemen ditentukan oleh ukuran apartemen tersebut. Semakin besar, semakin mahal. Apartemen yang satu dengan yang lain ukurannya tidak sama, walaupun sama-sama mempunyai jumlah kamar yang sama. Selain ukuran, patokan yang umum dipakai adalah berdasarkan jumlah kamar tidur. Umumnya berkisar antara 1-3 ruang.

Posisi

Semakin tinggi, tingkat kebisingan semakin kurang. namun, biasanya harus menunggu lift lebih lama. View yang semakin cantik juga mempengaruhi.

Kualitas bangunan

Biasanya kualitas bangunan bisa kelihatan secara kasat mata. Tapi Anda bisa lebih mencermatinya dari kontraktor yang mengerjakan.

Sertifikat

Anda perlu tahu apakah hitungan Nilai Perbandingan Proporsional (NPP) unit yang Anda beli sudah beres, seperti untuk menentukan besarnya service charge, hak suara penghuni. Sertifikat sendirinya bersifat HGB (Hak Guna Bangunan).

Property management

Property management mengelola operasional apartemen dan berpengaruh besar pada tingkat kenyamanan calon penghuni, juga berperan meningkatkan harga jual atau sewa.

Furniture

Apakah pengembang menjual apartemen tersebut dalam keadaan kosong, semi furnished atau full furnished? Bila Anda memilih unit yang ‘kosong' memang lebih murah, tapi Anda perlu mempertimbangkan bagaimana mengisinya, termasuk biaya dan teknis pengangkutan barang.

Fasilitas

Hal ini merupakan hal yang penting karena menyangkut lingkungan tempat Anda tinggal. Fasilitas keselamatan penghuni misalnya. Anda perlu benar-benar mencermati apakah keamanan dalam apartemen tersebut baik atau tidak. Ada juga fasilitas parkir yang terkadang menyusahkan, kebugaran dan fasilitas pendukung lainnya seperti restoran atau mini market.

Sumber : tipsanda/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami