Lukisan Perjamuan Terakhir Diselidiki Lagi

Nasional / 26 March 2010

Kalangan Sendiri

Lukisan Perjamuan Terakhir Diselidiki Lagi

Daniel Official Writer
4218

Para peneliti dari Cornell University, New York, Amerika Serikat meneliti gambar di lukisan Perjamuan Terakhir yang cukup terkenal dikalangan orang Kristen. Lukisan yang digunakan sebagai obyek penelitian mereka diyakini merupakan duplikat dari lukisan Leonardo da Vinci.

Uniknya, para peneliti tidak meneliti keseluruhan lukisan tetapi hanya meneliti gambar makanan di lukisan tersebut dengan cara diperbesar menggunakan komputer. Sebagai hasilnya mereka menyimpulkan bahwa porsi makanan zaman sekarang telah jauh bertambah banyak dibanding porsi makan orang-orang zaman dahulu seperti dikisahkan dalam lukisan Perjamuan Terakhir tersebut. Selain itu dalam lukisan juga tidak terdapat makanan pencuci mulut setelah hidangan utama.

Seorang peneliti, Brian Wansink mengatakan, "Bila seni mencerminkan kehidupan, kini kita sedang dalam masalah. Ukuran piring bertambah 65 persen, hidangan utama bertambah 69 persen, dan roti bertambah 23 persen dibanding sekitar tahun 1000 hingga 2000."

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Masalah Obesitas Internasional ini diharapkan dapat menyadarkan orang-orang tentang kesehatan terutama yang berkaitan dengan bertambahnya porsi makan yang bisa memicu obesitas.

Sumber : mediaindonesia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami