Berkat Dari Bekerja

Kata Alkitab / 26 March 2010

Kalangan Sendiri

Berkat Dari Bekerja

Budhi Marpaung Official Writer
5108

Pekerjaan tentu bukanlah kata yang asing bagi kita. Dari zaman Adam dahulu kala sampai masa dimana kita hidup saat ini, bekerja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Namun, sekarang sedang muncul di dalam diri kita entah disadari atau tidak yang namanya perasaan pro-bermain atau perasaan anti bekerja.

Kita mungkin bekerja secara fisik di kantor, namun pikiran kita selalu menantikan datangnya hari jumat atau akhir pekan. Kita bukan fokus dengan pekerjaan kita, tetapi bagaimana menikmati hari sabtu atau minggu.

William James pernah menulis, "Tidak ada yang namanya kerja, kecuali jika Anda menyenangi melakukan kegiatan lain" atau dengan kata lain jika Anda menyenangi pekerjaan Anda, itu bukanlah bekerja. Mungkin ada diantara Anda yang menolak pernyataan ini, tetapi saya secara pribadi menyetujuinya.

Bekerja bukanlah kegiatan untuk menghabiskan tenaga dan waktu Anda di bumi ini. Bekerja adalah sebuah kegiatan yang mulia dimana Allah berkenan di dalamnya. Bahkan di dalam pekerjaan yang sedang Anda lakukan saat ini, berkat-berkatNya telah menanti untuk dicurahkan kepada Anda.

Beberapa ayat dibawah ini mencatat mengenai bekerja dan apa yang akan Anda dapatkan di dalamnya:

"Siapa mengerjakan tanahnya, akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia, tidak berakal budi." (Amsal 12:11) - Bekerja berarti kemakmuran, hanya orang yang bodoh yang membuang waktu mereka.

"Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa." (Amsal 12:27) - Bekerja dapat membuat Anda menjadi seorang pemimpin, menjadi orang yang malas akan membuat Anda menjadi seorang budak.

"Dan anggaplah sebagai suatu kehormatan untuk hidup tenang, untuk mengurus persoalan-persoalan sendiri dan bekerja dengan tangan, seperti yang telah kami pesankan kepadamu, sehingga kamu hidup sebagai orang-orang yang sopan di mata orang luar dan tidak bergantung pada mereka." (I Tesalonika 4:11-12) - Dengan bekerja maka kita dapat memenuhi kebutuhan diri kita sendiri.

"Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman." (I Timotius 5:8) - Dengan bekerja kita dapat membantu kehidupan keluarga kita.

"Jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah, dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia." (Efesus 6:6-7) - Melalui pekerjaan kita, nama Tuhan dipermuliakan.  

Ayat-ayat diatas adalah sedikit dari banyak berkat lain yang ditulis di dalam alkitab bagi orang-orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh. Ingatlah, pekerjaan Anda bukanlah hanya tentang Anda sendiri, tetapi juga orang lain dan Tuhan.

Oleh: J. Steven Lang - J.Stephen lang merupakan staff penulis di cbn.com.

Halaman :
1

Ikuti Kami