Penghargaan Aussie Karena Orangutan Indonesia

Nasional / 25 March 2010

Kalangan Sendiri

Penghargaan Aussie Karena Orangutan Indonesia

Lois Official Writer
2764

Program Perlindungan Kehidupan Liar dan Ekosistem Bukit Tigapuluh di Sumatera Timur yang dijalankan oleh Kebun Binatang Perth ini, menerima penghargaan In-Situ Conservation Award atas usaha mereka dalam melestarikan orangutan Sumatera. Penghargaan In-Situ Conservation Award diumumkan oleh Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium di Victoria, Australia, pekan lalu.

"Penghargaan ini sudah sepantasnya. Banyak pekerja profesi Indonesia dan Australia telah bekerja keras untukkeberhasilan proyek ini,"ujar Dubes Australia, Bill Farmer.

Ekosistem Bukit Tigapuluh merupakan program pengembalian orangutan Sumatera yang pertama di dunia, dimana pemerintah Indonesia bermitra dengan pemerintah Australia beserta lembaga-lembaga non pemerintah.

Hal ini memang menunjukkan tingkat hubungan yang membaik antara Indonesia dengan Australia. Namun, ada hal lain yang perlu kita cermati sebagai bangsa Indonesia. Orangutan Sumatera, harimau, komodo, atau binatang lainnya  merupakan binatang khas di Indonesia. Sudah seharusnya Indonesia sendiri mampu melestarikan kebudayaan, keasrian hutan, binatang khas, dan semua ciri khas Indonesia lainnya agar keasliannya sebagai salah satu harta Indonesia benar-benar dijaga.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami