Dijual, Ijazah Palsu di Dunia Maya

Nasional / 24 March 2010

Kalangan Sendiri

Dijual, Ijazah Palsu di Dunia Maya

Budhi Marpaung Official Writer
7941

Satu masalah belum selesai, satu masalah yang lain muncul lagi. Setidaknya itulah yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia. Kegiatan jual beli ijazah palsu sekarang sudah masuk ke dalam dunia maya.

Sebagaimana ditulis detikINET, Rabu (24/3), situs yang menjalankan bisnis ini mampu membuat ijazah palsu untuk pendidikan tinggi dan kursus bahasa Inggris.

Besarnya biaya pembuatan ijazah palsu pun beraneka ragam mulai dari angka 10 jutaan sampai 30 jutaan. Semakin tinggi ijazah level pendidikan, semakin besar pula uang yang harus dikeluarkan si konsumen.  

Berbagai universitas di Indonesia dan lembaga pendidikan non formal menjadi korban bisnis ilegal ini, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gunadarma, Universitas Budi Luhur, Universitas Bina Nusantara, Akademi Bahasa Asing, dan Lembaga Indonesia Amerika (LIA).

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanda-tanda baik dari Departemen Pendidikan Nasional maupun kepolisian menindak sang pelaku kejahatan atau situs bermasalah tersebut.

Sumber : detikINET/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami