Dunia Peringati Hari Tuberkulosis

Nasional / 24 March 2010

Kalangan Sendiri

Dunia Peringati Hari Tuberkulosis

Daniel Official Writer
2491

Hari ini, Rabu (24/3) diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia karena pada tanggal 24 Maret 1882, bakteri Mycobacterium tuberculosis sebagai kuman penyebab penyakit tuberkulosis (TB) berhasil dikenali untuk pertama kali oleh Dr Robert Koch. Dengan adanya Hari Tuberkulosis Sedunia diharapkan dunia lebih peduli dengan penanggulangan penyakit ini.

Dalam dasawarsa terakhir ini, jumlah kasus baru TB meningkat di seluruh dunia, di mana 95 persen kasus terjadi di negara berkembang. Di Indonesia sendiri, TB masih merupakan masalah besar, bahkan Indonesia menduduki peringkat ke-3 sebagai penyumbang kasus TB terbanyak di dunia. TB masih menjadi ancaman kesehatan masyarakat dunia. Jutaan orang terinfeksi TB di dunia setiap tahunnya.

Kasus TB baru 9,2 juta per tahun dengan kematian 1,7 juta orang per tahun di dunia. Setiap 20 detik 1 orang meninggal dunia karena TB. TB tergolong sebagai penyakit yang sudah sangat tua. Ini dibuktikan dengan ditemukannya kuman TB pada sebagian mumi Mesir dan sebagian fosil dinosaurus. Namun sampai saat ini dunia medis dan farmasi masih berusaha menemukan formulasi untuk menyembuhkan penyakit ini.

Tahun 2010 telah dicanangkan sebagai Tahun Peduli Kesehatan Paru Dunia oleh organisasi dokter paru dunia. Di Indonesia, akan diselenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang tahun guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan paru.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami