Manusia Bertangan Emas

Info Sehat / 24 March 2010

Kalangan Sendiri

Manusia Bertangan Emas

Lois Official Writer
5707

James Harrison adalah seorang pria Australia yang berusia 74 tahun dan telah menjadi donatur darah selama 56 tahun. Karena kebaikannya ini, dia dijuluki ‘manusia bertangan emas' atau ‘manusia dalam dua juta orang'.  Pada waktu itu, ribuan bayi di Australia sekarat tiap tahunnya karena penyakit Rhesus. Bayi lainnya menderita kerusakan otak permanen karena kondisi tersebut.

Penyakit ini dikarenakan antara ibu dan anak, salah satunya memiliki Rh-positif ( memiliki antigen D) dan lainnya Rh-negatif (tidak memiliki antigen D).

James Harrison memiliki antibodi dalam plasmanya, yang menghentikan kematian bayi akibat penyakit Rhesus itu. Penyakit Rhesus merupakan penyakit hemolitik pada bayi baru lahir dan merupakan suatu bentuk anemia yang parah.

Dia telah membantu banyak ibu melahirkan bayi yang sehat, termasuk juga untuk Tracey, cucunya. Dia memberikan darah tiap beberapa minggu sekali sejak ia berusia 18 tahun, kini total sudah 948 sumbangan darahnya.

Setelah tipe darahnya ditemukan, Harrison menawarkan diri untuk menjalani serangkaian tes untuk membantu mengembangkan vaksin anti-D. Harrison memiliki Rh-negatif dan ia diberikan suntikan darah Rh-positif.

"Saya tidak akan pernah berhenti. Tidak akan pernah," kata Harrison yang berjanji pada dirinya sendiri untuk menjadi pendonor sejak usianya 14 tahun, setelah ia menjalani pembedahan dada mayor yang membutuhkan 13 liter darah, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (24/3).

Harrison telah memberikan darahnya pada ratusan ribu perempuan, ia telah menyelamatkan sekitar 2,2 juta bayi sampai saat ini. Hidupnya diasuransikan untuk satu juta dolar Australia.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami