Gunung Api Di Bawah Gletser Meletus

Nasional / 22 March 2010

Kalangan Sendiri

Gunung Api Di Bawah Gletser Meletus

Daniel Official Writer
3889

Sebuah gunung yang tertutup oleh lapisan es di Islandia meletus pada Sabtu(20/3) pukul 11.30 waktu setempat. Demikian dilaporkan oleh Badan Proteksi Sipil Islandia. Sekitar empat ratus orang telah dievakuasi dari wilayah seluas 160 kilometer tenggara ibukota Islandia untuk mengantisipasi datangnya banjir akibat gletser yang mencair. Sampai saat ini, menurut Manajer departemen departemen proteksi sipil, Vidir Reynisson, belum ada laporan tentang adanya korban.

Sementara sejumlah penerbangan baik domestik maupun dari luar dibatalkan hingga pemberitahuan lebih lanjut. Seperti penerbangan dari Amerika Serikat, yakni dari Seattle, Washington; Orlando, Florida, danBoston, Massachussetts, dialihkan ke Boston.

Gunung tersebut meletus di bawah gletser Eyjafjallajokull, yang merupakan gletser kelima terbesar di Islandia. Terakhir kali gunung api meletus di Islandia adalah pada tahun 1820-an yang menghasilkan banjir gletser. Islandia merupakan sebuah pulau di Eropa yang penuh dengan gunung berapi namun sebagian besar wilayah tertutup oleh gurun-gurun kutub utara, gletser, dan memiliki wilayah pertanian di dataran rendah dekat dengan tepi pantai.

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami