Ketika Anak SD Berbicara Terorisme

Nasional / 21 March 2010

Kalangan Sendiri

Ketika Anak SD Berbicara Terorisme

Lois Official Writer
2839

"Iya, aku nonton kok beritanya di TV setiap kali ada penangkapan teroris,"kata Alrido (10), salah seorang siswa kelas IV SDN 01 Menteng. Sedangkan Dafa menambahkan, "Iya, aku juga beberapa kali lihat berita penangkapannya. Menurut aku, para teroris itu jahat banget." Kedua siswa tersebut memang mempunyai pendapat serupa, yakni menganggap para pelaku terorisme jahat.

Menurut Alrido, "Teroris harusnya dihukum mati atau seumur hidup-lah atau ditembak mati langsung juga enggak apa-apa, kayak yang kemarin di Pamulang itu."

Namun Dafa memberikan pendapat yang berbeda."Enggak, enggak harus dihukum mati-lah. Yang penting itu dihukum sesuai kesalahannya. Kalau emang pas diadilin keputusannya harus dihukum mati, baru boleh dihukum mati," katanya membantah pendapat temannya tersebut.

Adalah hal yang baik jika sedari kecil anak sudah mengetahui bahwa terorisme merupakan hal yang buruk dan mampu mengambil sikap dengan benar terhadap terorisme tersebut.

Di sisi lain, orang tua juga harusnya membimbing mereka agar tidak terlalu banyak menonton hal yang buruk sifatnya bagi perkembangan mereka. Anak-anak juga diajarkan perbedaan antara hal-hal yang baik dan yang buruk, sehingga mereka dapat kritis dalam menanggapi segala sesuatu.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami