Akupuntur Potensi Sebarkan HIV

Info Sehat / 20 March 2010

Kalangan Sendiri

Akupuntur Potensi Sebarkan HIV

Puji Astuti Official Writer
5212

Para pakar dari Universitas Hong Kong memperingatkan bahwa akupuntur bisa menyebarkan pernyakit Hepatitis B dan bahkan HIV/AIDS.  Hal ini memicu adanya aturan dan standar  kebersihan yang ketat dalam bisnis akupuntur untuk membatasi penyebaran penyakit.

Akupuntur saat ini adalah salah satu pengobatan alternative yang sudah dikenal diberbagai pelosok dunia. Mereka menggunakannya untuk mengatasi migren hingga untuk berhenti merokok.

Prof Patrick Woo dan koleganya memaparkan dalam British Medical Journal (BMJ) bahwa lebih dari 80 orang di dunia terjangkit Hepatitis B karena terapi tradisional Cina sejak tahun 1970.

Tehnik yang digunakan untuk mensterilkan jarum akupuntur kebanyakan menggunakan arkohol, namun hal ini tidak cukup bagi beberapa virus. Jarum akupuntur yang digunakan harusnya adalah jarum sekali pakai, demikian peringatan yang diberikan para ahli.

Selain itu Prof. Woo mengingatkan bahwa bakteri juga bisa menyebar melalui penyeka kapas, dan handuk yang digunakan selama melakukan akupuntur.

Jika Anda salah satu pengguna pengobatan alternative ini, maka peringatan dari Prof. Woo ini harus Anda perhatikan. Jangan sampai ingin sehat tetapi malah tertular penyakit mematikan.

Sumber : Telegraph
Halaman :
1

Ikuti Kami