Pekerjaan yang Sesuai Kepribadian

Career / 19 March 2010

Kalangan Sendiri

Pekerjaan yang Sesuai Kepribadian

Lois Official Writer
4659

Setiap individu diciptakan unik dengan kepribadian yang berbeda-beda. Mereka menyukai pekerjaan yang berbeda-beda pula, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Teori berikut ini merupakan pendekatan yang paling banyak dipakai untuk membuat profil karir seseorang. Berikut ini adalah kualifikasi minat karir yang dibuat berdasarkan teori Vocational Personality dari John Holland (1985) :

Realistik

Individu ini menyukai aktivitas kerja yang bersifat praktis, cepat menangkap masalah dan mencari solusinya. Itu artinya mereka tidak menyukai pekerjaan yang melibatkan kertas-kertas ataupun banyak orang. Mereka senang dengan tanaman, hewan, material lain seperti kayu, mesin, alat, dll.

Cth : pakar komputer, ahli mesin, petani modern, pilot, militer, ahli listrik, montir professional, atlet professional, kameramen, dll.

Investigatif

Mereka sangat menikmati pekerjaan yang membutuhkan otak daripada melakukan pekerjaan fisik. Mereka punya banyak ide dan kekuatan pikiran menjadi kelebihan mereka. Mereka mampu mencari fakta-fakta dan menganalisa masalah yang ada.

Cth : fisikawan, biolog, kimiawan, matematikawan, antropolog, analis program, evaluator, peneliti, penulis, konsultan, dll.

Artistik

Individu yang seperti ini menyukai semua hal yang berhubungan dengan artistik / kesenian. Pecinta desain, pola-pola, dan kreasi. Individu seperti ini biasanya tidak terpaku pada aturan baku tapi menyusun pola kerja mereka sendiri.

Cth : actor/artis, pekerja film/TV, musikus, kartunis, pencipta lagu, penyair, dll.

Sosial

Manusia sosial berarti menyukai aktifitas yang berhubungan dengan individu lainnya, membantu dan memajukan orang lain. Lebih suka berkomunikasi dengan orang lain, yang contohnya seperti mengajar, memberikan saran, dan membantu.

Cth : guru, dosen, pekerja sosial, konselor, misionaris, prikolog, dokter, terapis, dll.

Enterprising

Tipe ini senang hal-hal yang ‘berbahaya', suka tantangan dalam mengambil keputusan dan mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan. Mereka suka meyakinkan dan memimpin orang lain. Tipe ini adalah tipe yang lebih menyukai segera mengambil tindakan.

Cth : pengusaha, pimpinan eksekutif perusahaan, pedagang, dll.

Konvensional

Individu seperti ini suka pada pekerjaan yang mempunyai aturan main yang jelas, menyukai prosedur dan standar, tidak bermasalah dengan rutinitas, suka bekerja dengan data dan detail, dan suka dengan pekerjaan dimana garis wewenang telah ditetapkan dengan jelas.

Cth : pegawai kantor, statistika, pustakawan, arsiparis, manajer perusahaan, dll.

Sumber : konsultankarir/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami