Separuh Utang Afghanistan Diampuni

Nasional / 18 March 2010

Kalangan Sendiri

Separuh Utang Afghanistan Diampuni

Daniel Official Writer
3075

Sembilan belas negara kreditor yang bergabung dalam Paris Club  memutuskan untuk membatalkan semua utang Afganistan kepada anggotanya sebesar lebih dari satu miliar dollar AS, Rabu (17/3). Hal ini dilakukan setelah Pemerintah Afganistan bersumpah untuk mengalokasikan sumber daya yang dibebaskan untuk memerangi kemiskinan di negaranya.

Para kreditor menyambut baik tekad Republik Islam Afganistan untuk mengimplementasikan sebuah strategi pengurangan kemiskinan komprehensif dan sebuah program ekonomi ambisius memberikan dasar bagi  pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam konteks lingkungan ekonomi global yang sulit.

Kelompok informal dari negara-negara industri itu mengatakan, penghapusan utang tersebut dalam basis bilateral dan sukarela. Utang sebanyak 1,026 miliar dollar AS utang yang diampuni oleh Paris Club ini mewakili sekitar setengah utang publik eksternal Afganistan Maret 2009, atau 2,104 miliar dollar AS.

Pembatalan utang ini merupakan inisiatif dari IMF dan Bank Dunia yang menilai Afghanistan telah melakukan "sejumlah reformasi penting"  yaitu mengambil langkah-langkah untuk mulai melaksanakan strategi pembangunan nasional, menjaga lingkungan ekonomi makro yang stabil, dan meningkatkan manajemen utang. Otoritas Afganistan juga membuat kemajuan dalam pengelolaan keuangan publik, reformasi sektor pertambangan, serta transparansi dan akuntabilitas di bidang kesehatan dan pelayanan pendidikan.

Dalam pertemuan restrukturisasi utang dengan Paris Club tersebut delegasi Afghanistan dipimpin oleh Menteri Keuangan Afganistan Omar Zakhilwal. Wakil Amerika Serikat, Rusia, dan Jerman berpartisipasi dalam pembicaraan tersebut.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami