Angels Flight, Jalur Kereta Terpendek

Nasional / 17 March 2010

Kalangan Sendiri

Angels Flight, Jalur Kereta Terpendek

Daniel Official Writer
2781

Kereta Angels Flight dengan rel sepanjang 91 meter, yang dijuluki rel paling pendek di dunia menyediakan angkutan umum antara stasiunnya di bawah Hill Street dan California Plaza di Grand Avenue di puncak Bunker Hill. Angels Flight merupakan satu-satunya kereta kabel di Los Angeles. Kereta itu telah dimasukan ke dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada 2000.

Kereta kabel ini beroperasi pertama kali pada tahun 1901 dengan dua jalur, namun ditutup pada 1969 untuk dikembangkan lagi.  Operasi kedua dijalankan di dekatnya pada 1996, dan ditutup lagi pada 2001, setelah terjadi kecelakaan yang mematikan pada bulan Februari 2001.

Hari Senin lalu (15/3), Komisi Keamanan Publik California memutuskan untuk mengoperasikan kembali kereta bersejarah yang telah ditutup selama sembilan tahun itu karena sudah dinyatakan aman untuk layanan umum dan setiap hari akan beroperasi dari pukul 06:45 sampai 22:00 waktu setempat. Kereta ini dioperasikan oleh lembaga nirlaba Angels Flight Railway Foundation.

John H. Welborne, Presiden Angels Flight Railway Foundation mengatakan, mungkin akan ada ketidaknyamanan pelayanan terhadap penumpang, karena pihaknya masih akan melakukan penutupan pada siang hari guna mengevaluasi sistem keselamatan yang baru. Kereta itu terdiri atas dua gerbong, yang diberi nama Sinai dan Olivet dan ditarik naik oleh kabel logam dengan energi dari puncak bukit tersebut. Harga karcis untuk satu kali perjalanan adalah 25 sen dolar AS.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami