Bayi Dilahirkan Bergerak Mengikuti Irama?

Serba-Serbi Sehat / 17 March 2010

Kalangan Sendiri

Bayi Dilahirkan Bergerak Mengikuti Irama?

Budhi Marpaung Official Writer
5264

Baru-baru ini sebuah riset menunjukkan bahwa seorang bayi lebih peka terhadap irama dan tempo musik dibandingkan dengan perkataan manusia. Adalah Marcel Zentner, peneliti dari University of York's Department of Phychology dan Tuomas Eerola, dari Finnish Center of Excellence di Interdiscplinary Music, University of Jyvaskyla yang membeberkan hal tersebut dalam jurnal Proceedings of National Academy of Science.

Berdasarkan penelitian mereka terhadap bayi yang berusia antara lima bulan dan dua tahun, bayi-bayi tersebut memberikan respon yang luar biasa ketika sebuah musik klasik diperdengarkan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa irama menghasilkan reaksi pada bayi dan bukannya bentuk lain musik seperti melodi. Kami juga mendapati bahwa makin baik anak dapat menyelaraskan gerakan dengan musik, makin lebar mereka tersenyum. Namun masih harus dimengerti mengapa manusia telah mengembangkan kecenderungan khusus ini," Zentner.

Jadi, bagi Anda dan pasangan yang saat ini hendak menunggu waktu kelahiran si buah hati ke dunia atau memiliki bayi di bawah tiga tahun jangan lupa untuk memasang musik di rumah Anda setiap harinya. Penelitian diatas adalah satu dari banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana musik sangat bermanfaat bagi anak-anak. Selamat melakukannya!

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami