Sukses Dengan Bisnis Online

Sukses Dengan Bisnis Online

Budhi Marpaung Official Writer
9704

Beberapa waktu yang lalu, Anda telah diperkenalkan dengan jenis-jenis bisnis online (baca: 5 Jenis Bisnis Online). Kemudahan media internet saat ini merupakan salah satu faktor kuat mengapa bisnis ini akan semakin banyak diminati tidak hanya oleh para calon wirausaha, tetapi juga para pembeli.

Namun, sepertinya tidaklah lengkap bila artikel mengenai bisnis online hanya mengangkat sisi jenis-jenis usahanya, tanpa memberi tahu cara bagaimana mengelolanya. Mudah-mudahan dengan Anda mengetahui bagaimana menjalankan usaha ini, semangat Anda berbisnis online semakin besar dan akhirnya mau mengambil bagian di dalamnya.

Setidaknya ada 6 hal yang perlu Anda ketahui agar usaha Anda di bidang ini tidak gagal dan meraup banyak uang:

1. Jenis Usaha. Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis usaha yang bisa mendatangkan uang. Misalnya menjual produk, jasa, informasi, iklan atau menjalankan produk orang lain.

2. Nama Komersil. Buatlah nama situs (domain) yang tidak terlalu panjang, mudah diingat dan mencerminkan bisnis yang Anda jalani. Sebagai referensi, lihatlah beberapa situs yang Anda anggap akan menjadi saingan Anda ketika menjalankan bisnis online.

3. Sewa Tempat. Banyak website memberikan informasi mengenai cara membuat, mendesain, memasang website di internet, gunakanlah itu sebagai panduan Anda. Dari sana juga Anda akan mengetahui apakah harus menggunakan web berbayar atau hanya memakai blog sebagai pasar Anda.

4. Toko Segala Ada. Buatlah desain website yang semenarik mungkin dan memudahkan konsumen menemukan yang mereka cari. Toko online yang bagus akan menjadi tempat menyenangkan untuk dijelajahi dan memberi kemudahan mencari barang yang digunakan.

5. Gencar Promosi. Agar banyak dikunjungi, Anda perlu berpromosi. Di dunia maya, Anda dapat menggunakan search engine, iklan baris, atau space banner berbayar di web yang banyak pengunjungnya untuk mengenalkan toko online Anda. Selain itu, saling bertukar banner dengan web lain adalah cara yang bisa Anda pakai untuk mengiklankan toko online Anda.  

6. Puaskan Pelanggan. Toko yang sukses tentunya memiliki customer service yang bagus. Nah, agar toko online Anda bisa memuaskan konsumen atau pelanggan, berikan berbagai fasilitas berupa informasi online, menjawab pertanyaan dengan cepat, cara pemesanan dan pembayaran mudah, pengiriman cepat dan menerima pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan.

Sumber : tipsanda/bm

Ikuti Kami