300 Kupu-Kupu Dalam Satu 'Sangkar'

Nasional / 16 March 2010

Kalangan Sendiri

300 Kupu-Kupu Dalam Satu 'Sangkar'

Lois Official Writer
3648

‘Sangkar' ini dibuka buat masyarakat luas sejak tanggal 29 Januari lalu. Taman Kupu-kupu ini terletak di Jalan Cihanjuang KM. 3,3 No.58, Desa Cibaligo, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Tempatnya asri dan hijau, ditambah dengan penataan tempat yang begitu apik, membuat tempat ini cukup menarik perhatian. Anda akan dijelaskan mengenai Taman Kupu-Kupu tersebut dan pertanyaan apa saja mengenai kupu-kupu oleh pemandu yang akan menemani Anda.

Ketika masuk ke taman kupu-kupu, Anda harus membayar Rp.10 ribu. Anda akan mendapatkan welcome drink dan juga ada peminjaman topi untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Pengunjung bisa mengintip si calon kupu-kupu di green house. Ulat-ulat berbagai ukuran terdapat di green house, mulai dari sebesar kelingking bayi, hingga sebesar pisang susu. Di dalam green house terdapat banyak sekali ulat yang sedang berproses menjadi kepompong.

"Usia ulat sebelum berubah menjadi kepompong rata-rata 1 bulan. Sementara usia saat jadi kepompong sekitar 2 minggu, " papar pemandu.

Luas ‘sangkar' Taman Kupu-Kupu ini mencapai 1.7 hektar. Dalam taman ini terdiri dari 35 jenis yang semuanya berjumlah 300 kupu-kupu. Mereka ditangkarkan setiap hari dan terbang dalam sebuah taman terbuka seluas 1.800 meter persegi yang dilapisi pagar dan jaring.

Taman Kupu-kupu dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Anda dapat membeli souvenir di toko aksesoris yang mempunyai berbagai pernak-pernik serba kupu-kupu. Anda dapat beristirahat melepaskan lelah dengan mendatangi tempat makan di seberang taman.

"Bisa dibilang ini adalah wisata pendidikan. Karena anak-anak bisa tahu proses perkembangan kupu-kupu,"ujar Peneliti Kupu-Kupu Indonesia Ayam Hugeng yang menjadi konsultan Taman Kupu-Kupu.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami