Pentingnya Sebuah Ucapan Terima Kasih

Career / 16 March 2010

Kalangan Sendiri

Pentingnya Sebuah Ucapan Terima Kasih

Puji Astuti Official Writer
5820

Mengirimkan ucapan terima kasih usai wawancara mungkin tidak lazim di lakukan di Indonesia ini. Namun menurut Kevin Brennfleck dan Kay Merie Brennfleck, pelatih dan konselor professional dalam bidang karir mengatakan bahwa hal ini sangat penting dan bisa mengubah masa depan Anda.

Meluangkan waktu untuk mengirimkan email atau surat ucapan terima kasih setelah wawancara sama pentingnya mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan Anda terima saat wawancara. Hal ini akan memberikan impresi tersendiri pada pewawancara Anda.

Berikut beberapa tips dalam membuat ucapan terima kasih :

  1. Ingatlah bahwa ucapan terima kasih adalah alat penjualan Anda. Selain berterima kasih ingatkan calon pemberi kerja bahwa Anda memiliki kualifikasi untuk posisi tersebut. Anda juga bisa sampaikan kualifikasi yang tidak ditanyakan pada saat wawancara, yang Anda miliki.
  2. Buat surat tersebut singkat. Dua hingga tiga paragraph sudah cukup untuk hal ini.
  3. Akan lebih efektif jika Anda menggunakan email dari pada surat biasa yang dikirim lewat pos.
  4. Jika yang mewancarai Anda ada beberapa orang, buat ucapan terima kasih secara pribadi pada masing-masing orang, dan pastikan tidak ada yang sama persis (Mintalah kartu nama dari pewancara Anda untuk memastikan Anda memiliki informasi yang dibutuhkan).
  5. Pastikan Anda mengkoreksi setiap huruf dalam surat ucapan terima kasih. Salah ketik, salah ejaan dan tata bahasa akan berpotensi membuat Anda keluar dari pertimbangan pekerjaan.
  6. Simpan salinan untuk diri sendiri atas setiap surat yang Anda kirim.

Mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk wawancara adalah bukti bahwa Anda menghargai waktu dan juga peluang yang diberikan kepada Anda. Jadi jangan pernah segan untuk berterima kasih, sekalipun Anda tidak diterima Anda sudah menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan dan orang yang melakukan wawancara dengan Anda.

Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami