Biji Rami Sembuhkan Berbagai Penyakit

Gizi & Nutrisi / 16 March 2010

Kalangan Sendiri

Biji Rami Sembuhkan Berbagai Penyakit

Daniel Official Writer
5312

Biji rami terbukti bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes. Manfaat ini tentunya cukup besar mengingat makanan ini hanya berupa biji kecil yang telah tumbuh selama beberapa abad. Biji rami mengandung 3 komponen utama yaitu:

1. Asam lemak omega 3 (lemak baik yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung). Satu sendok makan biji rami yang telah dihaluskan mengandung sekitar 1.8 gram omega-3 tumbuhan.Asam omega 3 juga bisa menghambat pertumbuhan kanker.

2. Lignan, yang mengandung estrogen tumbuhan dan antioksidan. Biji rami mengandung lignan 75-800 kali lebih banyak dibandingkan makanan dari tumbuhan lainnya.

3. Serat. Biji rami mengandung serat, baik serat yang larut maupun serat yang tidak larut.

Penelitian menunjukkan jika biji rami bermanfaat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan ginjal. Menurut Kelley C. Fitzpatrick, M.Sc. dari Flax Council of Canada, paling tidak 2 komponen biji rami turut berperan dalam pencegahan kanker ini yaitu omega 3 dan lignan.

Omega-3 tumbuhan di dalam biji rami, terang Fitzpatrick, membantu sistem kardiovaskular dengan mencegah pengerasan dan plak pada arteri termasuk sebagai antiperadangan dan menormalkan detak jantung. "Kandungan lignan di dalamnya terbukti bisa mengurangi pembentukan plak atherosclerosis hingga 75%," terang Fitzpatrick.

Kandungan lignan juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan kadar gula dalam darah. Biji rami merupakan salah satu biji yang terkuat karena memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan.

Sumber : mediaindonesia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami