Inggris Buka Kembali Terowongan Kuno

Nasional / 14 March 2010

Kalangan Sendiri

Inggris Buka Kembali Terowongan Kuno

Daniel Official Writer
3065

Sebuah terowongan yang dibangun pada tahun 1843 yang merupakan sebuah keajaiban teknologi zaman Victoria abad kesembilan belas telah dibuka kembali khusus untuk pejalan kaki selama dua malam yaitu setiap hari Jum'at dan Sabtu selama festival seni London. Saat ini terowongan tersebut menjadi tujuan utama para turis untuk membeli berbagai pernik dan cindera mata yang dijual pedagang di sepanjang terowongan.

Terowongan sepanjang 400 meter di bawah Sungai Thames ini dibangun oleh para insinyur ayah dan anak Marc Brunel dan Isambard Kingdom Brunel dan dibuka pada 1843. Bahkan pada tahun 1869, terowongan ini sempat dijadikan terowongan kereta api untuk jalur kereta bawah tanah di London timur, yang saat ini telah dibangun kembali.

Menurut Direktur Museum Brunel, Robert Hulse, terowongan ini bukan sekadar teknologi masa lalu saja, yang kemudian melahirkan sistem kereta bawah tanah. Namun, terowongan ini merupakan situs kebanggaan dari era Victoria. Anda tertarik mengunjungi terowongan kuno ini?

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami