Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat

Investment / 14 March 2010

Kalangan Sendiri

Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat

Daniel Official Writer
3377

Asuransi jiwa menjadi salah satu kebutuhan penting terkait perencanaan keuangan. Namun sebaiknya Anda meneliti sebelum memiliki investasi yang juga punya proteksi ini.

Pilihlah produk asuransi yang memberi ruang bagi Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ada produk yang hanya dengan menyisihkan 10 ribu rupiah perhari, Anda bisa membayar premi untuk proteksi dan investasi jangka panjang. Tetapi jangan hanya sekadar murah, Anda harus meneliti seberapa luas penyesuaian yang bisa Anda lakukan.

Misalkan, mengubah manfaat investasi, dalam hal ini menaikkan, mengurangi, atau bahkan menghilangkan manfaat proteksi, disesuaikan dengan besaran premi. Apakah kemudian premi juga akan bertambah atau mengikuti premi sebelumnya, jika kemudian nasabah melakukan penyesuaian manfaat sesuai kebutuhan.

Pilihlah produk asuransi dengan lebih dahulu mendiskusikan secara detil keunggulan dan kelemahannya. Agen asuransi profesional semestinya menyediakan ruang untuk berdiskusi dan tidak sekadar "menjual" produk.

Seorang perencana keuangan, Aidil Akbar Madjid mengatakan sebaiknya pilih asuransi jiwa murni, artinya pembayaran hanya dilakukan jika nasabah meninggal.

Untuk memastikan produk tersebut aman, teliti juga institusi keuangan penerbit produk. Hal ini bisa dilihat dari profesionalisme agen asuransi. Anda bisa menanyakan apakah si agen memiliki sertifikasi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Bisa juga dengan mengenali kinerja perusahaan yakni dengan mengukur pengakuan industri asuransi terhadapnya. Penghargaan dari sejumlah media ekonomi atas performance perusahaan bahkan pengakuan dunia perlu menjadi pertimbangan.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami