Hindari Masalah Keuangan Sebelum Menikah

Investment / 13 March 2010

Kalangan Sendiri

Hindari Masalah Keuangan Sebelum Menikah

Lois Official Writer
3625

Persoalan kecil bisa menjadi besar bila tidak diatasi dan diselesaikan dengan bijak. Bila Anda berencana untuk menikah, Anda harus mendiskusikan hal keuangan dalam keluarga yang akan Anda bangun nantinya, karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai uang. Kegagalan dalam membicarakan soal uang di dalam keluarga berpotensi menimbulkan permasalahan. Oleh karena itu dalam hal keuangan keluarga sangat dibutuhkan sebuah pola pengelolaan dimana masing-masing individu di dalam keluarga (suami dan istri) memiliki hak dan kewajibannya masing-masing.

Berikut ini ada tiga tipe pengelolaan yang bisa Anda pilih sesuai keinginan bersama dengan pasangan untuk keluarga masa depan yang akan Anda bangun berdua.

Uang bersama dan sistem amplop

Penghasilan suami istri langsung digabung bersama. Setelah itu, gabungan kedua pendapatan langsung dialokasikan ke pos-pos pengeluaran rutin yang telah dihitung lebih dulu dan dimasukkan ke dalam amplop. Satu pos diwakili oleh satu amplop. Bila ada sisa, masukkan ke dalam tabungan bersama setiap bulannya

Membagi berdasar prosentase

Seluruh kebutuhan keluarga setiap bulan dihitung termasuk pos darurat dan pos tabungan. Masing-masing sepakat menyumbang sebesar jumlah tertentu untuk menutupi kebutuhan tersebut. Sisanya digunakan sebagai tabungan pribadi untuk kebutuhan pribadi. Jika bisa berhemat dari uang bersama sebesar 20% misalnya, bisa ditabung ke tabungan bersama, selain suami dan istri juga masing-masing mempunyai tabungan pribadi.

Membagi tanggung jawab

Misalnya, suami mengeluarkan biaya untuk urusan berat seperti membayar kredit rumah, cicilan mobil, uang sekolah anak sementara bagian istri adalah belanja logistic bulanan, liburan akhir pekan, dan tabungan. Kalau istri memiliki pendapatan yang lebih besar, maka hal ini bisa dilakukan sebaliknya.

Mana yang terbaik? Hal ini tergantung kepada kesepakatan masing-masing pasangan. Yang terpenting adalah jangan sampai persoalan keuangan keluarga nantinya menjadi masalah dalam keluarga bahkan menyebabkan perceraian. Mungkin ada tipe pengelolaan keuangan yang lain, namun pilih yang terbaik buat Anda dan pasangan. Hal yang menjadi sangat penting yang dapat disarankan yaitu pikirkan untuk menabung. Menabung dapat membantu Anda dan pasangan untuk mencapai tujuan masa depan yang dimiliki berdua.

Sumber : pitoyo/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami