Lenyapkan Pekerjaan Yang Menghantui Pikiran

Career / 12 March 2010

Kalangan Sendiri

Lenyapkan Pekerjaan Yang Menghantui Pikiran

Lois Official Writer
3788

Ralph Waldo Emerson pernah berkata, "Selesaikan tiap hari dan tuntaskan. Anda sudah melakukan apa yang Anda bisa, beberapa kesalahan dan kekalahan harus Anda lupakan secepatnya. Besok adalah hari baru, Anda harus memulainya dengan jelas dan semangat yang tinggi untuk dibebani dengan omong kosong."

Maafkan diri Anda sendiri jika tidak dapat menyelesaikan apa yang sudah Anda canangkan. Santai dan damai dalam mengerjakan apa yang Anda bisa. Beri diri Anda kesempatan bila telah berbuat beberapa kesalahan. Bagaimanapun juga, Anda adalah manusia.

Ada beberapa cara untuk ‘menyelesaikan tugas tiap hari dan tuntaskan' :

Tinggalkan pekerjaan Anda di kantor

Ketika jam kerja Anda berakhir, kecuali jam lebih dari jam kerja yang masih normal, tinggalkan pekerjaan Anda dan ubah dari seorang profesional menjadi orang pribadi.

Biarkan tugasmu berlanjut ke esok hari

Yang dimaksud di sini adalah Anda bukannya sengaja membiarkan pekerjaan Anda terlantar hingga keesokan harinya. Namun, Anda juga tidak dapat mengerjakan semuanya dalam satu hari. Jujur pada diri Anda sendiri tentang apa yang bisa Anda selesaikan dalam satu hari. Jika ada sesuatu yang tidak terpenuhi, selesaikan di lain hari. Taruh ‘Apa Yang Harus Dilakukan' ke dalam prospektif yang tepat. Kadangkala kita stress karena melakukan tugas yang tidak bersifat urgent.

Setiap persoalan tidak harus diselesaikan hari itu juga

Jika Anda punya hari yang sulit dengan rekan kerja, anak-anak, pasangan, atau teman, jangan merasa tertekan dan selalu menyelesaikan masalah saat itu juga. Bukan berarti menghindari percakapan yang sulit, tapi lebih penting ke arah menetapkan waktu dan tempat yang tempat. Menunggu satu dua hari dapat membuat emosi mereda dan membuat percakapan lebih produktif.

Jernihkan pikiran Anda untuk masa sekarang

Ketika Anda fokus pada semua hal yang belum Anda selesaikan, ambil nafas dan buat keputusan untuk fokus pada goal Anda lagi besok.

Akhiri hari Anda dengan tujuan tertentu.

Apakah Anda kadangkala tertidur di sofa? Apakah Anda ketiduran ketika sedang menyetir atau sedang membaca buku dengan lampu yang masih terang dan buku yang masih terbuka? Penelitian menunjukkan bahwa bahwa orang yang mempunyai waktu tidur yang nyenyak bila mereka mempunyai hal-hal rutin yang dilakukan seperti mematikan lampu ataupun tidak berisik pada saat mereka mau tidur. Akhiri waktu Anda dengan keteraturan dan Anda akan menemukan diri Anda bersemangat besoknya.

Sumber : cbn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami