Bermusuhan Dengan Lemak? Jangan Lakukan !

Serba-Serbi Sehat / 10 March 2010

Kalangan Sendiri

Bermusuhan Dengan Lemak? Jangan Lakukan !

Budhi Marpaung Official Writer
4782

Kurangnya informasi bisa berpengaruh kepada perilaku seseorang. Hal ini bisa menjadi bahaya karena itu bisa membuat sesuatu yang sebenarnya baik dilakukan, tetapi tidak dikerjakan. Seperti lemak, banyak sekali orang yang menghindari mengonsumsinya dengan alasan bisa membuat gemuk atau tidak memberi manfaat bagi tubuh manusia.

Pemikiran ini justru salah besar karena tidak semua lemak harus dihindari. Ada lemak yang baik bagi manusia dan itu sangat penting dikonsumsi. Berikut ini alasannya mengapa tubuh harus mengasup lemak yang sehat:

1. Lemak sebagai isolator. Lemak merupakan isolator penting dalam tubuh yakni membantu mengatur suhu tubuh dan melindungi tubuh dari dingin dan panas yang ekstrem.

2. Kerja organ tubuh. Tidak adanya lemak yang diasup membuat organ tubuh tidak dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

3. Menyerap vitamin. Lemak adalah pengangkut vitamin yang larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat memicu beragam penyakit.

4. Sebagai pelindung tubuh. Kandungan lemak dalam tubuh bisa melindungi organ vital. Bahkan, juga bisa berfungsi sebagai bantalan sendi. Bagi seorang olahragawan, lemak sangat penting untuk melindungi tubuh mereka dari kemungkinan cedera ketika bertanding atau latihan.

5. Sebagai struktur sel yang bisa menunda penuaan. Lemak merupakan bagian dari struktur sel manusia. Fungsi lemak ini sangat lah penting untuk menjaga kulit, rambut dan kuku tetap sehat.

6. Kesuburan. Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita yang memiliki lemak tubuh sangat rendah cenderung memiliki tingkat estrogen rendah yang bisa menyebabkan berhenti haid.

7. Energi melawan penyakit. Memiliki tingkat lemak sehat dalam tubuh bisa menangkal penyakit atau mencegah kelelahan.

Anda dapat menemukan lemak sehat pada minyak zaitun, minyak bunga canola dan produk yang berbasis minyak ini, kacang-kacangan, serta alpukat.

Jadi, masih berniat untuk tidak mengonsumsi lemak setelah mendapat informasi ini? Pikirkan lagi !

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami