Peta Karir Penentu Sukses Anda

Career / 9 March 2010

Kalangan Sendiri

Peta Karir Penentu Sukses Anda

Puji Astuti Official Writer
4399

Peta sangat penting ketika Anda ingin pergi ke suatu tempat. Bahkan hari ini, sudah ada GPS, sebuah peta digital yang akan membantu Anda menentukan sebuah rute untuk mencapai tempat yang Anda tuju. Tahukah Anda, bahwa kehidupan karir Anda juga membutuhkan peta? Dengan peta karir, Anda akan mencapai tujuan Anda dengan lebih cepat, terencana dan bisa menghindari halangan-halangan yang tidak perlu di lalui.

Berikut adalah tips bagi Anda untuk membuat peta karir Anda sendiri.

Ukur efektivitas Anda

Ukur kemampuan dan keahlian yang ada saat ini, dan pertimbangkan hal apa saja yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda. Apa saja yang perlu Anda pelajari agar meningkatkan peluang karir Anda.

Buat jangka waktu

Tentukan jangka waktu dalam mencapai tujuan Anda, untuk jangka pendek buatlah target sesuatu yang bisa dicapai dalam 90 hari. Jika sudah memiliki kerangka waktu, Anda perlu membuat potongan-potongan yang lebih kecil.

Buat rincian langkah untuk mencapainya

Buatlah daftar langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mencapai apa yang Anda inginkan. Cobalah berdiskusi dengan pasangan atau sahabat Anda tindakan yang perlu dilakukan untuk membantu Anda mencapai tujuan. Catatlah tindakan itu dalam urutan kronologis dan buat deadline tanggal penyelesaian.

Antisipasi hambatan

Mengidentifikasi hambatan penting untuk mencapai tujuan karir Anda. Hambatan dan tantangan bukanlah sesuatu yang menakutkan jika Anda tahu cara mengatasinya. Tantangan akan bermanfaat mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda.

Daftar sumber daya

Buatlah daftar sumber daya yang bisa mendukung Anda mencapai impian Anda. Sumber daya ini termasuk orang-orang kunci dengan keahlian yang diperlukan, pelatihan tambahan, jaringan atau bahkan sumber keuangan. Carilah orang yang tepat yang bisa menjadi mentor Anda hingga Anda mencapai kesuksesan yang Anda impikan.

Berdoalah.

Doakanlah agar Tuhan berkenan atas setiap rencana yang telah Anda buat. Mintalah Tuhan memberikan perspektif jangka panjang tentang karir dan juga rencana-Nya bagi Anda.

Menyelesaikan rencana yang telah Anda tuliskan dalam peta karir memerlukan komitmen, sebuah motivasi yang kuat dan iman. Berdoa akan membantu Anda menjadi efektif dalam setiap tindakan yang Anda buat.

Sumber : Everydaychristian.com
Halaman :
1

Ikuti Kami