Subsidi Ayam Untuk Bersih-Bersih

Nasional / 5 March 2010

Kalangan Sendiri

Subsidi Ayam Untuk Bersih-Bersih

Lestari99 Official Writer
2807

Mouscron, sebuah kota di Belgia, memiliki cara tersendiri untuk mengurangi volume sampah rumah tangga. Pemerintah kota akan mensubsidi 50 pasang ayam petelur untuk diberikan kepada 50 keluarga yang memiliki tempat yang cukup untuk memelihara unggas di kebun mereka. Selain itu ke-50 keluarga ini dianggap terlalu banyak menghasilkan limbah makanan.

Pemberian ayam ini dimaksudkan untuk membantu mengurangi banyaknya makanan yang dibuang. Setiap keluarga yang ikut dalam program ini harus berjanji untuk tidak mengkonsumsi ayam subsidi tersebut selama dua tahun atau mereka dapat memberikan sepasang ayam tersebut kepada orang lain.

Dalam kurun waktu tertentu, petugas akan melakukan inspeksi secara teratur. Para warga yang ikut dalam program ini akan diberi pelatihan mengenai cara memelihara ayam. Selain itu pemerintah juga memastikan bahwa keluarga yang terlibat akan mendapatkan pasokan telur gratis dan segar dari ayam-ayam mereka. Proyek ini bertujuan untuk mengkampanyekan metode alternatif pengelolaan sampah.

Seorang pejabat pemerintahan setempat mengatakan kepada koran Belgia La Derniere Heure bahwa Departemen Lingkungan Dewan Kota Mouscron ingin mendapatkan manfaat dari program pembagian sepasang ayam petelur ini. Program seperti inilah yang seharusnya kia tiru, karena memberikan win-win solution bagi segenap warganya. Tidak hanya sekedar memecahkan masalah, tapi juga memberikan keuntungan bagi warga yang terlibat dalam program pemerintah yang dijalankan.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami